70% Masyarakat Indonesia Menderita Hepatitis B

Selasa, 25 Agustus 2015 - 12:20 WIB
70% Masyarakat Indonesia Menderita Hepatitis B
70% Masyarakat Indonesia Menderita Hepatitis B
A A A
JAKARTA - Penyakit liver merupakan salah satu dari 10 penyakit terbesar penyebab kematian di Indonesia. Menurut data WHO tahun 2013, angka penderita penyakit liver di Indonesia mencapai 28 juta, artinya setiap 10 orang Indonesia, terdapat lebih dari satu orang penderita penyakit liver.

Sekitar 70% dari jumlah tersebut adalah penderita Hepatitis B, sementara 10 juta di antaranya merupakan penderita fibrosis hati, serta tiga hingga lima juta dari populasi tersebut terkena sirosis hati.

Penyakit ini pun sering dianggap pembunuh diam-diam, karena gejala yang timbul akibat penyakit ini sulit dideteksi. "Hasil kajian kami menunjukkan bahwa sekitar 30% orang yang menderita penyakit liver tidak menunjukkan gejala. Namun, sekitar 70% menunjukan gejala dalam berbagai bentuk," papar General Surgeon Gleneagles Hospital Singapore, Dr Victor Lee papar dikawasan Senayan, Jakarta.

Bahkan menurut catatan Kementerian Kesehatan hanya sekitar 5-10% yang terdeteksi tenaga kesehatan, sedangkan sisanya sekitar 70% tidak terdeteksi oleh tenaga kesehatan. Meskipun angka penderita liver di Indonesia sangat tinggi, namun pemahaman masyarakat mengenai penyakit ini masih sangat rendah.

Akibatnya banyak dari mereka yang tidak mendapatkan penanganan dini secara tepat. "Karenanya penting bagi kita untuk dapat mengenali gejala dini penyakit liver sebelum terlambat. Selain itu, deteksi dini terhadap penyakit liver memungkinkan penderita penyakit ini dapat disembuhkan lebih cepat," pungkas Dr Victor Lee.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3955 seconds (0.1#10.140)