Aroma Parfum Populer

Selasa, 01 September 2015 - 10:48 WIB
Aroma Parfum Populer
Aroma Parfum Populer
A A A
Aroma Parfum bisa terinspirasi dari suasana kota populer di dunia. Pilihan aroma parfum yang dipilih juga mencerminkan karakter kepribadian penggunanya.

Menurut Kasandra Putranto, psikolog yang ditemui di konferensi pers Vitalis di The Resonanz, Jakarta, Selasa (25/8) lalu, aroma atau wewangian tertentu ternyata memiliki hubungan yang sangat erat dengan kesan dan memori seseorang. Hubungan itu bisa terjadi karena indera penciuman serta emosi berakar di jaringan yang sama di struktur otak manusia, yaitu sistem limbik.

“Otak memiliki ingatan terhadap aroma yang kita rasakan waktu kecil. Apakah bau ruangan, bau ibu kita, bau makanan, dan sebagainya. Bau tersebut tertanam di dalam ingatan kita dan bisa membuat kita nyaman,” ucap Kasandra. Kasandra menyebutkan, wangi atau aroma tertentu juga akan menstimulasi memori seseorang terhadap suatu tempat atau peristiwa.

Selain itu, pemilihan aroma parfum terkait dengan kepribadian seseorang. Pemilihan aroma itu, menurut dia, merupakan upaya untuk meninggalkan kesan tertentu, terutama saat berinteraksi dengan orang lain. “Ketika kita wangi, secara otomatis kita akan menjadi lebih percaya diri. Melalui kepercayaan diri itulah timbul aura atraktif yang akan meninggalkan kesan yang tidak terlupakan,” ujar Kasandra.

Sementara itu, fragrance expert Annesylvie Selezneff mengatakan, aroma parfum secara mendasar berasal dari alam. Ekstraksi dari bunga, buah, hingga batang pohon merupakan hal-hal yang paling umum untuk mendapatkan aroma dari sebuah parfum. Namun, semua hal itu harus dikombinasikan secara sempurna untuk mendapatkan aroma parfum terbaik.

“Aroma parfum yang dipilih seseorang juga dipengaruhi budaya, alam, dan gaya hidup suatu negara,” ujar Selezneff. Menurut Selezneff, fashion yang berkembang di dunia juga menjadi salah satu faktor tren aroma parfum. “Sebuah fashion show merupakan penggabungan dari beauty, emotion , dan smells .

Tak heran banyak parfum yang terinspirasi dari tren mode dunia yang sarat glamoritas,” ujar Selezneff. Aroma parfum yang terinspirasi dari fashion di berbagai kota populer di dunia diadopsi oleh salah satu merek parfum Vitalis. Christina Wilsa, Marketing Manager Unza Vitalis, mengatakan bahwa kota-kota mode yang populer di dunia merupakan inspirasi utama dalam penciptaan parfum.

Menurut Christina, kota-kota mode tersebut memiliki karakteristik khusus yang dapat mencerminkan kepribadian dari suatu aroma atau bahkan kepribadian seseorang. “Kota Paris mengacu pada gemerlapnya suatu keindahan artistik. Kota Milan mengacu pada keindahan yang anggun dan elegan. Kota London adalah kota yang mencerminkan sisi komersial dan energik.

Sementara itu, Kota New York identik dengan kesan yang percaya diri dan glamor,” ujar Christina. Christina menyebutkan, inspirasi dari kota-kota tersebut dicerminkan dalam berbagai aroma yang memiliki karakteristik khusus dan membangkitkan suatu emosi tertentu. Misalnya aroma citrus membangkitkan perasaan refreshing , revitalizing, dan energizing sehingga seseorang menjadi semangat dalam menjalani aktivitas.

Contoh lain adalah aroma rose (mawar). Aroma ini erat kaitannya dengan perasaan mewah, berkelas, karismatik, sophisticated, charming, dan elegan. Sementara, aroma white flowers, misalnya jasmine, tuberose, gardenia , lily of the valley memberikan kesan extravaganza, enchanting, glamourous, dan memanjakan diri.

Selain Kota Paris, Milan, London, dan New York yang menjadi sumber inspirasi fashion dan parfum, parfum juga dapat terinspirasi dari pusat industri hiburan dunia, yaitu Hollywood dari Kota Los Angeles Amerika Serikat dan Festival Film Cannes dari Prancis. Hollywood mencerminkan aura gemerlap dan glamor ala superstar dan spirit para selebriti yang ekspresif, kreatif, inspiratif, lively, dan stimulating .

“Kami menghadirkan Eau de Cologne Celebrite dengan keharuman citrus bergamot yang segar dibalut dengan kemewahan rose nan anggun dan elegan, ditutup dengan gourmand note yang mewah dan berkelas sehingga para wanita pemakainya menjadi pusat perhatian,” ujar Christina. Sementara itu, Festival Film Cannes mencerminkan karakteristik yang glamor, artistik, berkarakter, dan memiliki selera tinggi.

“Kami menghadirkan Eau de Cologne Glam Star yang diawali dengan aroma citrus mandarin yang sangat energizing, refreshing, dan revitalizing dipadu dengan white floral yang glamor, extravagant, dan indulging diakhiri dengan woody dan musky yang lingering, caring, dan elegant ,” kata Christina.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3955 seconds (0.1#10.140)