Berikan Akses Dana Pendidikan

Minggu, 06 September 2015 - 09:08 WIB
Berikan Akses Dana Pendidikan
Berikan Akses Dana Pendidikan
A A A
Tingginya angka pengangguran terdidik di Indonesia membuat Putera Sampoerna Foundation (PSF) mendirikan Koperasi Jasa Siswa Bangsa (KJSB) untuk memberikan akses pendidikan berupa dana bantuan pendidikan (student assistance).

Menurut Managing Director Putera Sampoerna Foundation(PSF) Nenny Soemawinata, dari data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran terdidik di Indonesia meningkat dari 434.185 lulusan pada tahun 2013 menjadi 495.143 lulusan pada tahun 2014. Hal ini mencerminkan tingginya angka pengangguran terdidik di Indonesia. Hal ini juga menunjukkan lulusan kita belum terserap baik di ranah lapangan pekerjaan.

Mirisnya lagi, Survei Tenaga Kerja Nasional (National Labor Force Survey) mencatat pengangguran usia muda di Indonesia merupakan yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik dengan persentase sebesar 71,3%. Meski angka pengangguran terdidik di Indonesia terbilang tinggi, nyatanya banyak perusahaan di Indonesia masih mengaku kekurangan tenaga kerja terampil dan produktif.

“Pendidikan berkualitas tentunya tidak hanya fokus membekali para siswa dengan kemampuan akademis saja, melainkan juga membekali mereka dengan kemampuan soft skill yang kelak dibutuhkan dalam terjun ke dunia kerja,” ujar Nenny dalam rilis yang diterima KORAN SINDO.

Saat ini PSF membentuk Koperasi Jasa Siswa Bangsa (KJSB) untuk memberikan akses pendidikan berupa dana bantuan pendidikan (student assistance) agar generasi muda berprestasi dari keluarga prasejahtera tetap dapat melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi dan meraih mimpi mereka.Salah satu siswa yang dipersiapkan PSF menghadapi dunia kerja adalah Christian Timoty Wijaya.

Timmy, begitu panggilan akrabnya, adalah salah seorang alumni dari Sampoerna Academy yang sedang melanjutkan studinya di Texas Tech University, Amerika Serikat. Mengambil jurusan keuangan, remaja asal Kediri ini bercita-cita menjadi menteri keuangan Republik Indonesia. ’’Saya selalu yakin dan percaya bisa mewujudkan cita-cita tersebut sehingga bisa mengubah keadaan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik,’’ jelasnya.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8746 seconds (0.1#10.140)
pixels