30% Penduduk Indonesia Tak Sadar Mengidap Diabetes

Senin, 07 September 2015 - 13:13 WIB
30% Penduduk Indonesia Tak Sadar Mengidap Diabetes
30% Penduduk Indonesia Tak Sadar Mengidap Diabetes
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data riset kesehatan dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sekitar 6,9% populasi Indonesia, yaitu 9,1 juta jiwa menderita diabetes. Parahnya, sebanyak 30% penduduk Indonesia tidak menyadari dirinya mengidap diabetes.

Hal tersebut disebabkan oleh gelaja diabetes yang sulit di deteksi. Bahkan, menurut ahli diabetes dari Universitas Airlangga, Angung Pranoto mengungkapkan, diabetes hampir tidak memiliki gejala yang dirasakan.

"Gejala tahap awal sulit dideteksi karena kadar gula darah tidak tinggi. Biasanya, beberapa tahun sebelum didiagnosis diabetes, orang mengalami resistensi insulin," papar Agung di Grand Indonesia, Jakarta.

Untuk itu, Agung menyarankan untuk rajin memeriksakan kesehatan secara rutin. "Jika sudah terdeteksi sejak dini, perbaikan gaya hidup dapat menunda terjadinya diabetes sampai 5-7 tahun," sarannya.

Agung menjelaskan, jika diabetes tidak terdeteksi secara cepat, penderita akan memasukin tahap pre-diabetes. Dimana tahap ini dapat mengancam kesehatan jantung dan pembuluh darah.

"Pre-diabetes kadar gula darah bisa meningkat sampai angka 100-125 mg/Dl. Biasanya komplikasinya membuat orang mudah kena serangan jantung dan stroke dari tahap ini," pungkasnya.

Indonesia menempati posisi kelima negara dengan risiko kematian akibat diabetes tertinggi di dunia, hingga mencapai 1,5 juta jiwa melayang pada tahun 2012. Tiap tahunnya, jumlah penderita diabetes di Indonesia semakin bertambah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9678 seconds (0.1#10.140)