Alami Gusi Berdarah Saat Hamil? Ini Solusinya

Senin, 07 September 2015 - 17:30 WIB
Alami Gusi Berdarah Saat Hamil? Ini Solusinya
Alami Gusi Berdarah Saat Hamil? Ini Solusinya
A A A
JAKARTA - Gusi berdarah kerap terjadi ketiga menggosok gigi. Umumnya, keadaan ini kerap menimpa ibu hamil (bumil). Parahnya, gusi berdarah bisa menyebabkan ibu hamil melahirkan bayi prematur dan berat badan lahir rendah hingga 2,8 kali.

Atas problem tersebut, Ginekolog Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, dr Boy Abidin SpOG(K) mengatakan. Ibu hamil memang rentan mengalami gusi berdarah saat menggosok gigi karena adanya perubahan pembuluh darah selama kehamilan.

Karena itu, sebagian ibu hamil kemudian malas menggosok gigi karena takut akan mengalami pendarahan. Namun hal tersebut patut dihindari oleh ibu hamil.

Seperti dijelaskan oleh dokter gigi Ratu Mirah Afifah, justru ibu hamil harus rajin menjaga kesehatan mulut. Dia lantas menyarankan para ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara teratur.

"Ibu hamil juga perlu melakukan pembersihan karang gigi sebelum kehamilan, yakni pada trisemester kedua dan ketiga kehamilan. Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara teratur. Gosok gigi di rumah dua kali sehari. Waktunya setelah sarapan dan sebelum tidur," papar Mirah di Hotel Mulia, Jakarta.

Adapun saran berikutnya yang perlu dicermati oleh ibu hamil yaitu, cara menyikat gigi yang tepat bagi ibu hamil adalah tidak secara langsung. Melainkan harus berkumur terlebih dahulu. Apa alasannya?

"Para ibu hamil jangan langsung sikat gigi, tapi mesti berkumur terlebih dahulu. Karena mulutnya asam. Terus tunggu sekitar setengah jam, baru sikat gigi memakai ukuran sikat gigi yang kecil," imbuhnya.

Satu tambahan saran lainnya bagi ibu hamil untuk mengatasi gusi berdarah juga dikemukakan oleh Mirah. "Bisa pakai obat kumur atau kumur-kumur pakai air hangat yang diberi garam. Dan sebaiknya pakai air hangat," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0052 seconds (0.1#10.140)
pixels