8 Cara Mencegah dan Mengobati Gigi Sensitif, Nomor 7 Paling Mudah

Sabtu, 10 Februari 2024 - 19:03 WIB
loading...
8 Cara Mencegah dan Mengobati Gigi Sensitif, Nomor 7 Paling Mudah
Gigi sensitif bisa menyerang siapa saja. Ada beberapa cara mencegah dan merawatnya. Foto/ shuttershock
A A A
JAKARTA – Orang-orang akan mengalami gigi sensitif ketika enamel pelindung pada permukaan gigi terkikis sehingga dentin di bawahnya terlihat

Beberapa gejalanya adalah nyeri atau tidak nyaman saat mengonsumsi makanan dan minuman panas, dingin, manis atau asam, serta saat menyikat gigi atau flossing.



Gigi sensitif ini bisa menyerang siapa saja, namun masalah ini cenderung terjadi pada orang lanjut usia. Seiring bertambahnya usia, email gigi secara alami dapat terkikis, sehingga meningkatkan kemungkinan sensitivitas, kata pakar tersebut. Namun, berbagai faktor dapat berkontribusi terhadap sensitivitas pada usia berapa pun.

Dikutip healthshots, berikut ini beberapa cara untuk membantu mencegah dan merawat gigi sensitif:

Tips mencegah dan merawat gigi sensitif

1. Pilih pasta gigi yang tepat

Gunakan pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif, yang mengandung senyawa untuk mengurangi sensitivitas seiring berjalannya waktu. Anda dapat menggunakan pasta gigi atau obat kumur berfluoride tinggi untuk digunakan di rumah dan beberapa tersedia tanpa resep. Namun pastikan Anda mengikuti pedoman dokter gigi Anda mengenai frekuensi penggunaan.

2. Perawatan fluorida

Anda dapat mencari aplikasi fluorida profesional di praktik dokter gigi. Mereka dapat memperkuat email gigi dan mengurangi sensitivitas. Dokter gigi sering kali memberikan gel, busa, atau pernis fluorida konsentrasi tinggi selama kunjungan dokter gigi untuk memberikan dosis fluorida pekat ke gigi dengan cepat dan efisien.

3. Sikat gigi berbulu lembut

Anda mungkin merasa sikat gigi berbulu lembut tidak dapat membersihkan gigi dengan baik, tetapi itu tidak benar. Sikat gigi ini lebih lembut pada gusi dan email gigi, mencegah resesi gusi dan erosi email akibat tekanan berlebihan. Bulu sikat yang lebih lembut juga mengurangi kemungkinan kerusakan pada jaringan gusi yang halus.

4. Hindari makanan dan minuman yang bersifat asam

Batasi konsumsi zat asam yang dapat menyebabkan erosi email. Beberapa makanan dengan kandungan asam tinggi adalah makanan olahan tinggi natrium, dan minuman berkarbonasi, termasuk soda.

5. Pelindung mulut untuk bruxism

Bruxism adalah suatu kondisi di mana Anda menggemeretakkan atau mengatupkan gigi saat Anda sedang tidur atau melakukannya secara tidak sadar saat Anda bangun. Jika Anda menggemeretakkan gigi, pelindung mulut yang disesuaikan dapat mencegah kerusakan enamel. Waspadai juga kebiasaan mengatupkan gigi, terutama saat stres.

6. Kebersihan gigi yang benar

Sebagian besar masalah gigi muncul karena kebiasaan mulut yang buruk. Jadi, rutinlah menyikat gigi, flossing, dan pemeriksaan gigi untuk mencegah gigi berlubang dan masalah gusi.


7. Bilas dengan air garam

Bilas mulut Anda dengan larutan air garam, yang dapat dengan mudah dibuat di rumah menggunakan garam dan air hangat. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dan sensitivitas.

8. Minyak kelapa

Beberapa orang merasakan kelegaan dari gigi sensitif melalui oil pulling. Mengoleskan sedikit minyak kelapa atau wijen ke dalam mulut selama sekitar 15 hingga 20 menit dapat membantu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)