Pentingkah Pendidikan Seks kepada Anak?

Senin, 28 September 2015 - 08:20 WIB
Pentingkah Pendidikan Seks kepada Anak?
Pentingkah Pendidikan Seks kepada Anak?
A A A
DEPOK - Bagi sebagian orang tua, pendidikan seks merupakan hal yang masih dianggap tabu. Padahal, menurut psikolog Vera Itabiliana, pendidikan seks penting diajarkan kepada anak.

"Pendidikan seks sebaiknya diajarkan sebelum masa pubertas. Malah seharusnya sejak dini," papar Vera kepada Sindonews di Depok, Jumat (25/9/2015).

Menurut Vera, tanpa disadari banyak hal yang sudah diajarkan para orang tua mengenai pendidikan seks kepada sang anak. Hal tersebut dapat terlihat dari bagaimana orang tua mengajarkan cara buang air kecil dan cara membersihkannya.

"Sebenarnya setiap keluarga sudah mengajarkan tentang edukasi seks kepada anak. Tapi banyak yang nggak sadar. Seperti cara pipis bagaimana, cara bersihinnya gimana, terus ini namanya penis, ini vagina. Itu sudah termasuk edukasi seks bagi anak usia dini," ujarnya.

Lebih lanjut Vera menjelaskan, bertambahnya umur sang anak membuat pendidikan seks juga perlu ditambah. Untuk itu para orang tua, dianjurkan memberikan informasi yang perlu diketahui sesuai dengan umurnya.

"Cara yang paling bagus dalam melakukan pendidikan seks adalah dengan mengobrol. Ngobrolnya, ya sama orang tua, karena setiap keluarga punya cara pandang dan budaya berbeda," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6104 seconds (0.1#10.140)