Cara Membersihkan Miss V Secara Tepat

Selasa, 29 September 2015 - 14:21 WIB
Cara Membersihkan Miss V Secara Tepat
Cara Membersihkan Miss V Secara Tepat
A A A
JAKARTA - Miss V atau vagina merupakan organ intim yang perlu mendapatkan perawatan ekstra. Sebab, jika diabaikan, miss V bisa gatal, timbulnya jamur dan bau tidak sedap.

Untuk itu, pastikan Anda sudah membersihkan miss V secara tepat. Berikut cara membersihkan miss V secara tepat yang dilansir dari WomensHealth.

1. Agar tak merusak flora, bagian miss V yang perlu dibersihkan hanya bagian vulva, labira mayora dan minora (bibir vagina luar dan dalam, yang besar dan kecil). Pasalnya, bagian dalam miss V mulai dari lubang hingga masuk ke dalam tubuh mampu membersihkan dirinya sendiri.

2. Para pakar kesehatan tidak menganjurkan membersihkan miss V dengan cairan pembersih tubuh yang mengandung parfum (pH antara 7-8). Karena, kebiasaan tersebut bisa merusak pH normal miss V, yaitu 3,5-4,5. Hal ini bisa menyebabkan gatal-gatal, iritasi dan bau tidak sedap.

3. Pastikan Anda membersihkan miss V dengan frekuensi yang tepat. Sebab, jika frekuensi membersihkan vagina kurang, sisa keringat dan sekresi masih tersisa. Sementara, jika berlebihan dibersihkan, miss V mengalami gangguan keseimbangan. Selain itu, membersihkan miss V dengan tangan lebih baik dibandingkan menggunakan loofah.

Tekstur loofah yang tidak bersahabat dengan miss V menyebabkan luka. Parahnya, luka tersebut juga bisa menyebabkan penyakit menular seksual.

4. Keringkan miss V dengan handuk yang bersih dan lembut. Tidak dianjurkan menggosok miss V, cukup tempelkan handuk hingga miss V kering. Pastikan miss V tetap kering dengan mengganti panty liner atau celana dalam, dua hingga tiga kali sehari.

Perhatikan juga arah basuh dubur setelah buang air besar. Jangan basuh dubur dari belakang ke depan. Sebab, hal ini bisa menyebarkan kuman dari dubur ke miss V.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6703 seconds (0.1#10.140)