Waspada! Oral Seks Picu Penyakit Kelamin

Selasa, 13 Oktober 2015 - 06:04 WIB
Waspada! Oral Seks Picu Penyakit Kelamin
Waspada! Oral Seks Picu Penyakit Kelamin
A A A
AMERIKA - Sebuah penelitian mengungkapkan, oral seks menyebabkan penyakit kelamin yang menyerupai gonorea, yaitu uretritis. Penyakit tersebut akan menular ketika pria
melakukan oral seks.

Dr. Hunter Handsfield dari University of Washington menjelaskan, uretritis merupakan suatu keadaan yang terkait dengan sejumlah gangguan kesehatan, seperti infeksi saluran kencing dan beberapa penyakit menular seksual (PMS) lain yang menyebabkan peradangan di saluran kencing (uretra).

"Oral seks juga bisa menyebabkan gangguan kelamin, yaitu perih atau panas jika sedang kencing dan ujung penis menjadi bengkak serta memerah," papar direktur STD Prevention and Control Services di San Francisco Department of Public Health, Dr. Jeffrey D. Klausner yang dilansir dari HealthDay.

Menurut Klausner, uretritis biasanya menyembuh sendiri atau mudah disembuhkan dengan antibiotika. Namun, jika keadaan tersebut tidak segera ditangani, kerap memicu komplikasi berat, seperti kerusakan permanen di saluran kencing, baik pada pria maupun wanita.

"Umumnya pasien pria di Amerika Serikat mendatangi klinik mengidap uretritis dibandingkan gangguan PMS lainnya. Karena itu, gangguan tersebut dikategorikan sebagai gangguan PMS yang paling umum menimpa pasien, baik pria maupun wanita," tambah Handsfield.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan, sekitar 5% uretritis disebabkan oleh kuman-kuman yang berasal dari mulut, seperti Adenoviruses dan sejenis herpes.

Handsfield menjelaskan, kuman tersebut umumnya tidak akan membahayakan jika berada di dalam mulut.

"Terlihat bahwa beberapa kasus uretritis berkaitan dengan bakteri yang sepenuhnya normal bila berada di mulut, tetapi menyebabkan peradangan bila berada di saluran kencing," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3997 seconds (0.1#10.140)