25% Pria Pemarah Lebih Cepat Meninggal

Rabu, 14 Oktober 2015 - 12:22 WIB
25% Pria Pemarah Lebih Cepat Meninggal
25% Pria Pemarah Lebih Cepat Meninggal
A A A
JAKARTA - Belum lama ini, sebuah penelitian mengungkapkan, pria yang kerap marah lebih cepat meninggal dibandingkan mereka yang hidup tenang.

Para peneliti menemukan, sebanyak 25% pria pemarah mengalami 1,57 kali lipat risiko penyakit dibandingkan 25% pria yang hidupnya lebih tenang.

"Selain emosi, faktor lain yang diperhitungkan adalah pendapatan, status pernikahan dan perokok," papar peneliti dari Iowa State University yang dilansir dari Daily Mail.

Namun sayang, peneliti tidak mengetahui hubungan antara pria pemarah dengan risiko kematian yang lebih cepat. Meski demikian, penelitian sebelumnya mengatakan hubungan antara kemarahan dan proses fisiologis negatif, termasuk aterosklerosis atau sumbatan arteri.

Sementara, psikolog asal London, Graham Harga mengatakan, secara tidak sadar kemarahan dipicu oleh pengalaman negatif di masa lalu dan diperkuat oleh ekspresi berlebihan.

"Kemarahan adalah bentuk stres dan stres meningkatkan kadar kortisol dalam aliran darah," jelas Graham.

Selain itu, penelitian sebelumnya menjelaskan bahwa kemarahan mengakibatkan, Irritable Bowel Syndrome (IBS), stroke, serangan jantung dan masalah kesehatan lainnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6664 seconds (0.1#10.140)