Yoga Bantu Hilang Stres dalam Program Kehamilan

Selasa, 27 Oktober 2015 - 10:20 WIB
Yoga Bantu Hilang Stres dalam Program Kehamilan
Yoga Bantu Hilang Stres dalam Program Kehamilan
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa melakukan yoga selama 45 menit dalam seminggu selama satu bulan setengah dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan sebesar 20 persen dan membantu pasien program kehamilan dengan jalan bayi tabung (IVF).

Menurut para ahli, yoga sangat dianjurkan untuk wanita yang sedang melakukan perawatan kesuburan untuk membantu mempercepat pembuahan. Sebuah penelitian mengungkapkan, melakukan yoga selama 45 menit seminggu selama enam minggu mengurangi tingkat kecemasan sebanyak 20 persen.

Mengutip dari Times of India, karena kondisi para pasien lebih santai dari sebelumnya, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Berdasarkan hasil ditemukan oleh para ahli penelitian di Pusat Kesuburan of Illinois, mengatakan bahwa yoga juga dapat membantu mengurangi jumlah pasangan menghentikan program IVF, akibat stres.

Pimpinan penelitian di Pusat Kesuburan of Illinois Dr Jennifer Hirshfeld-Cytron, menggambarkan sebuah temuan yang "menarik".

"Kami telah menemukan adanya penurunan kecemasan pasien yang memanfaatkan program yoga. Hal ini sangat menarik mengingat bahwa penelitian lainnya menunjukkan adanya peningkatan statistik dalam kecemasan untuk pasien infertilitas yang menjalani pengobatan infertilitas. Di AS, biaya tetap menjadi alasan pasangan atas menghentikan pengobatan infertilitas, tapi belakangan ini yang menonjol adalah tekanan emosional. Kami percaya yoga dapat membantu untuk meringankan stres ini dan memungkinkan pasangan untuk melanjutkan pengobatan," tambahnya.

Yoga merupakan sesuatu latihan tradisional yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental. Komponen utama dari yoga adalah postur dan pernapasan. Praktek berasal dari India sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Ahli kesuburan Dr Stuart Lavery, dari Departemen Kedokteran Reproduksi di Rumah Sakit Hammersmith London, menyatakan bahwa temuan sangat menjanjikan.

"Itu yang dapat membantu pasien mengatasi selama masa yang sulit dan saat stres, sehingga bisa lebih baik," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8034 seconds (0.1#10.140)