Gerakan Indonesia SeGar Kampanyekan Brrgerak 30 Menit

Kamis, 05 November 2015 - 09:31 WIB
Gerakan Indonesia SeGar Kampanyekan Brrgerak 30 Menit
Gerakan Indonesia SeGar Kampanyekan Brrgerak 30 Menit
A A A
JAKARTA - WHO dalam terbitannya Global Health Risk: Mortality and Burden of Deases Attributable to Selected Major Risk menunjukkan bahwa kurangnya aktivitas fisik atau physical inactivity termasuk penyebab kematian peringkat ke-4 tertinggi setelah hipertensi, diabetes dan merokok.

Di Indonesia sendiri, Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan bahwa secara umum, 26,1% penduduk Indonesia masih tergolong memiliki gaya hidup kurang aktif. Bahkan, hampir separuh yaitu 44,2% penduduk kelompok umur di atas 10 tahun di Jakarta berada dalam kategori kurang aktif.

Melihat fakta tersebut, Coca Cola Indonesia melalui gerakan Indonesia SeGar (Sehat dan Bugar) kembali menggelar kampanye Brrgerak 30. Melalui kegiatan ini Coca Cola mengkampanyekan pentingnya melakukan aktivitas fisik moderat minimal 30 menit per hari sebagai langkah awal menuju hidup yang lebih sehat dan bugar.

"Kami ingin mengajak seluruh pihak untuk menyuarakan pentingnya pola hidup yang lebih aktif. Kami berharap ajakan Brrgerak 30 ini bisa menjadi sesuatu yang mudah diingat untuk menyisihkan waktu minimum 30 menit setiap hari, untuk beraktivitas fisik yang lebih," papar Communications Manager Coca Cola Indonesia, Andrew Hallatu saat jumpa pers, di Restoran Kembang Goela, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Terkait dengan kampanye Brrrgerak 30, Indonesia SeGar menghadirkan tiga pembicara untuk membahas manfaat dari melakukan aktivitas fisik terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk aktivitas fisik untuk kesehatan jantung dan kesehatan pencernaan.

"Terdapat bukti ilmiah yang sangat kuat bahwa melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang minimal 30 menit setiap hari atau 150 menit per minggu secara teratur dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit tidak menular dan risiko kematian dini akibat penyakit kronis," ujar Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Dokter Andi Kurniawan.

Andi menambahkan, banyak penelitian telah membuktikan bahwa seseorang yang melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari secara teratur mempunyai hubungan erat dengan tingkat kebugaran yang baik, status berat badan yang sehat, kesehatan tulang dan juga kesehatan mental.

Brrrgerak 30 akan digelar di Taman Menteng pada Minggu (8/11/2015). Gerakan ini akan dimulai dengan long march dan akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seru.

"Kita akan memulai dengan long march dari FK UI. Jalan 30 menit bersama para dokter sampai ke Taman Menteng dan akan banyak kegiatan seru. Ada 17 taman yang akan dibangun dan pertama kali kita akan meresmikan yang di Taman Menteng," tandas Andrew Hallatu.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0166 seconds (0.1#10.140)