Bolehkah Olahraga saat Perut Kosong? Ini Penjelasannya

Jum'at, 15 September 2023 - 14:07 WIB
loading...
Bolehkah Olahraga saat Perut Kosong? Ini Penjelasannya
Banyak orang berolahraga di pagi hari saat perut kosong. Olahraga dalam perut kosong setelah tidak makan sekitar 10-14 jam disebut juga dengan olahraga puasa. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak orang berolahraga di pagi hari saat perut kosong. Olahraga dalam keadaan perut kosong, setelah tidak makan sekitar 10-14 jam disebut juga dengan olahraga puasa. Di sisi lain, beberapa orang tidak bisa beraktivitas tanpa sarapan yang cukup.

Konsep olahraga puasa adalah ketika Anda berolahraga sebelum makan, tubuh memanfaatkan lemak yang tersimpan untuk energi alih-alih menggunakan karbohidrat yang tersedia dari makanan baru-baru ini. Namun, keputusan olahraga saat perut kosong harus didasarkan pada pertimbangan tipe dan respons tubuh.

Dilansir dari Times of India, Jumat (15/9/2023) saat olahraga dalam keadaan perut kosong, kadar insulin Anda umumnya lebih rendah. Hal ini memungkinkan tubuh untuk memobilisasi dan memanfaatkan lemak yang tersimpan untuk energi dengan lebih baik.



Kondisi tersebut berpotensi membantu penurunan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan olahraga saat perut kosong dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Banyak orang juga merasa lebih ringan dan nyaman jika olahraga dengan perut kosong, dibandingkan melakukannya setelah sarapan.

Di sisi lain, beberapa orang merasa kekurangan energi dan stamina saat berolahraga dengan perut kosong. Hal ini dapat menyebabkan penurunan intensitas dan kinerja olahraga. Anda juga akan kekurangan energi untuk melakukan aktivitas berintensitas tinggi jika berolahraga dengan perut kosong.

Beberapa orang akan merasa tidak nyaman atau pusing saat berolahraga dengan perut kosong. Dalam kasus seperti itu, lebih baik makan sesuatu terlebih dahulu sebelum berolahraga. Anda tidak perlu makan berlebihan, bisa berupa makanan kecil namun bergizi seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan atau buah-buahan.



Jika mempertimbangkan olahraga saat perut kosong, pastikan memulai dengan olahraga intensitas sedang untuk mengukur kenyamanan dan tingkat energi Anda. Penting untuk tetap terhidrasi, jadi pastikan minum air sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Setelah berolahraga, pastikan mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup sumber protein dan karbohidrat alami yang kaya untuk mendukung pemulihan otot dan mengisi kembali simpanan glikogen Anda.

Ingatlah bahwa berolahraga dengan perut kosong bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Sehingga Anda bisa leluasa menghindarinya jika tidak sesuai dengan tubuh.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2718 seconds (0.1#10.140)