Justin Bieber Samai Catatan John Lennon di Inggris

Sabtu, 21 November 2015 - 13:21 WIB
Justin Bieber Samai Catatan John Lennon di Inggris
Justin Bieber Samai Catatan John Lennon di Inggris
A A A
LONDON - Keseriusan Justin Bieber menggarap album comeback-nya, Purpose, membuahkan hasil. Album keempat penyanyi asal Kanada itu berhasil memecahkan rekor di layanan streaming, Spotify.

Justin tengah berusaha keras membuat album ini nangkring di posisi puncak Billboard 200 pekan depan. Sebelum upaya ini terwujud, Purpose sudah memecahkan rekor global Spotify dan Amerika Serikat (AS) sebagai album terbanyak di-stream pada pekan pertama perilisannya.

Purpose adalah album pertama Justin dalam 3 tahun terakhir dan dirilis pada 13 November lalu. Sejak saat itu, album itu telah mencapai 205 juta stream global, termasuk 77 juta di AS saja.

Pesaing beratnya, Made in the A.M. (MITAM) milik One Direction, juga tampil apik di layanan streaming. Album kelima boy band asal Inggris itu—yang dirilis di hari yang sama dengan Purpose—telah menerima 106 juta pemutaran secara global di pekan pertamanya.

Dengan angka tersebut, baik Purpose dan MITAM memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Beauty Behind Madness milik The Weeknd. Album itu meraih 90 juta stream di pekan pertamanya setelah dirilis Agustus lalu.

Purpose dan MITAM kini bersaing untuk mendapatkan posisi 1 dan 2 di Billboard 200. Sementara di Inggris, One Direction telah mengalahkan Justin di chart album negara itu.

Meski begitu, tiga single milik Justin—Sorry, Love Yourself dan What Do You Mean?—berjaya di chart lagu di Inggris. Menurut Reuters, ini membuat Justin adalah artis pertama yang melakukannya sejak John Lennon pada 1981.

Lagu Sorry bahkan menjungkalkan single Hello milik Adele dari posisi puncak ke posisi 2 setelah bertahan di posisi 1 selama tiga pekan. Love Yourself berada di posisi tiga dan What Do You Mean? ada di posisi lima.

Kondisi ini nyaris sama dengan prestasi yang dibuat Lennon pada 1981. Pada Januari 1981, sebulan setelah dia ditembak mati di New York, tiga lagunya—Imagine, Happy Xmas (War Is Over) dan (Just Like) Starting Over berada di posisi persis seperti apa yang dialami Justin saat ini, yaitu 1, 3 dan 5.

Seluruh lagu Justin itu berasal dari Purpose yang terjual 90.000 kopi pekan ini. Angka ini hanya selisih sedikit dari MITAM yang laku 93.000 kopi dan menjadi album dengan penjualan tercepat pada 2015 di Inggris.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7602 seconds (0.1#10.140)