Cara Menggunakan Tas Kerja yang Tepat

Kamis, 03 Desember 2015 - 17:30 WIB
Cara Menggunakan Tas Kerja yang Tepat
Cara Menggunakan Tas Kerja yang Tepat
A A A
JAKARTA - Bentuknya yang praktis dan memuat banyak barang, membuat ransel atau tas pungung kerap digunakan banyak orang. Termasuk untuk dijadikan tas bekerja.

Namun, banyak orang yang kerap menggunakan tas ransel dengan beban berlebih. Seperti membawa laptop, agenda, tablet, ponsel dan air minum. Tentunya hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

"Saat Anda membawa beban berat setiap hari, akumulasi stres otot akan menghasilkan cedera yang memerlukan pertolongan dokter," papar spesialis rehabilitasi dan pengobatan fisik, serta asisten profesor di Rosalind Franklin University Medical School di Chicago, Martin Lanoff, MD.

Berikut cara agar Anda tetap sehat meski harus menggunakan ransel yang dilansir dari Prevention.

1. Bergantian
Tidak dianjurkan menggunakan tas hanya di satu sisi. Pasalnya, hal tersebut bisa menyebabkan otot bekerja terlalu keras dan bisa memperburuk postur tubuh. Untuk itu, pindahkan tas dari bahu kiri ke kanan atau sebaliknya setiap beberapa menit.

2. Hindari membawa tas dengan siku
Dr. Lanoff mengungkapkan, membawa tas di lengan memicu cedera siku seperti tendinitis. Lanoff pun menyarankan untuk membagi beban dengan dua tas.

3. Pilihan tas dengan tali lebar
Agar beban terbagi merata pada bahu, gunakan tas dengan tali lebar. Idealnya, gunakan tas dengan bantalan. Hal tersebut mampu memperlancar peredaran darah Anda.

4. Tas punggung lebih baik
Menggunakan tas punggung hanya bertumpu pada satu bahu membuat seluruh beban bertumpu pada satu titik dan akan sangat memberatkan. Untuk itu, tas punggung didesain untuk dibawa dengan kedua bahu, sehingga beban terbagi dua dan terasa lebih ringan.

5. Kenakan tas secara diagonal
Survei di Amerika Serikat menyebutkan, tas yang terlalu berat dan cara membawa tas yang salah dapat menjadi penyebab meningkatnya risiko scoliosis, postur tubuh membungkuk, sakit kepala, osteoartritis, kerusakan sendi, mati rasa di area tubuh yang sering membawa beban berat dan trauma saraf.

Untuk itu pastikan Anda menggunakan tas secara menyilang di tubuh dengan panjang tali yang sama. Menurut spesialis perawatan tulang belakang di New York, Matthew Cunningham, posisi ini akan membuat beban bertumpu pada otot-otot batang tubuh, sehingga beban di punggung bawah berkurang.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7324 seconds (0.1#10.140)