4 Juta Pasangan Mengalami Masalah Kesuburan

Senin, 28 Desember 2015 - 19:25 WIB
4 Juta Pasangan Mengalami Masalah Kesuburan
4 Juta Pasangan Mengalami Masalah Kesuburan
A A A
JAKARTA - Sebanyak 4 juta pasangan dari 40 juta pasangan usia subur mengalami masalah kesuburan. Hal tersebut diungkapkan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Budi Wikeko.

"10-15% di antaranya mengalami infertilitas atau gangguan kesuburan yang menyebabkan sulit untuk mendapatkan anak," papar Budi Wikeko di Jakarta.

Seperti diketahui, infertilitas merupakan kegagalan satu pasangan untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual yang benar selama satu tahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

"Dari 4 juta itu, 5% harus ditolong dengan teknologi reproduksi. Dengan kata lain, ada sekitar 200 ribu pasangan," ujar Budi.

Dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis onkologi dan ginekologi, Yassin Yanuar Muhammad menjelaskan, 85 % pasangan yang subur berpeluang hamil pada tahun pertama menikah. Pada tahun kedua, jumlah akan meningkat menjadi 92%.

"Biasanya dua bulan pertama, 3% akan hamil. Sampai pada angka terendah satu tahun, akan turun peluangnya sampai hanya 3%. Untuk mereka ini sangat dibutuhkan bantuan untuk meningkatkan peluang," jelas Yassin.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5735 seconds (0.1#10.140)