Meremehkan Rasa Kesepian Picu Sejumlah Penyakit Berbahaya

Kamis, 14 Januari 2016 - 06:25 WIB
Meremehkan Rasa Kesepian Picu Sejumlah Penyakit Berbahaya
Meremehkan Rasa Kesepian Picu Sejumlah Penyakit Berbahaya
A A A
NORTH CAROLINA - Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa meremehkan rasa kesepian memicu berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung, stroke hingga kanker.

Tidak hanya itu, kesepian juga bisa menyebabkan kematian sama seperti kurang olahraga dan diabetes.

Para peneliti dari University of North Carolina melihat adanya hubungan antara kesepian dengan dampak bagi kesehatan berdasarkan usia.

Kesepian di usia muda, dinilai sama bahayanya dengan kurang aktivitas fisik. Sedangkan, kesepian di usia tua memicu hipertensi.

Namun, penelitian sebelumnya menyatakan bahwa interaksi sosial bisa mencegah remaja mengalami obesitas abdominal.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa indeks masa tubuh dan lingkar pinggang remaja yang gemar bersosialisasi umumnya, lebih baik dibandingkan mereka yang tidak melakukan hal tersebut.

Dilansir dari Daily Mail, sementara seseorang dengan kehidupan jaringan sosial yang luas dipercaya mengalami penurunan risiko hipertensi sebesar 54 persen.

Dokter Yang Claire Yang dari UNC, CPC and the Lineberger Comprehensive Cancer Center mengatakan. Mereka yang mempelajari interaksi antara hubungan sosial, faktor perilaku dan fisiologis juga berisiko mengalami penyakit kronis di masa tua, seperti kanker.

Kesimpulannya, orang yang tidak kesepian dan memiliki banyak jaringan sosial, memiliki harapan hidup lebih lama dibandingkan mereka yang kesepian. Mereka juga akan mendapatkan banyak dukungan dari orang-orang terkasih.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7975 seconds (0.1#10.140)