Lebih Sering Terjadi pada Pria, Yuk Cegah Penyakit Kardiovaskular dengan Cara Ini

Sabtu, 13 Februari 2021 - 03:13 WIB
loading...
Lebih Sering Terjadi pada Pria, Yuk Cegah Penyakit Kardiovaskular dengan Cara Ini
Penyakit ini boleh dibilang erat kaitannya dengan perilaku hidup tidak sehat, seperti merokok, kelebihan berat badan, kurang berolahraga, tekanan darah tinggi dan diabetes. / Foto: ilustrasi/Cano Health
A A A
JAKARTA - Penyakit kardiovaskuler dapat menyerang siapapun baik pria maupun wanita. Ini adalah penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: Ingin Tahu Kekebalan Tubuh Terhadap Covid-19? Begini Caranya!

Penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular (otak dan pembuluhnya), penyakit pembuluh darah perifer, penyakit jantung rematik, penyakit jantung bawaan, gagal jantung, aritmia, hingga penyakit katup, thrombosis vena dalam dan emboli paru adalah segenap penyakit kardiovaskuler.

Erat dengan Gaya Hidup

Penyakit ini boleh dibilang erat kaitannya dengan perilaku hidup tidak sehat, seperti merokok, kelebihan berat badan, kurang berolahraga, tekanan darah tinggi dan diabetes .

Beberapa faktor risiko yang tidak dapat dihindari di antaranya riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga, pernah mengalami penyakit aterosklerotik (serangan jantung, angina, stroke, penyakit arteri perifer), dan gender.

Pencegahan

Dibanding pada wanita, kardiovaskuler lebih sering terjadi para pria. Guna mencegah penyakit kardiovaskuler ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Konsumsi makanan sehat
Makanan yang sehat terbukti dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Jalankan pola makan gizi seimbang setiap harinya.

2. Selektif pilih makanan
Pilihlah makanan rendah lemak jenuh, lemak trans serta pangkas asupan garam harian. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah buah atau sayuran, biji-biji yang kaya akan serat, ikan, kacang-kacangan. Sebaiknya Anda memilih untuk mengonsumsi susu rendah lemak. Boleh saja makan daging unggas tapi singkirkan bagian kulit. Sebisa mungkin mengurangi minuman manis dan daging merah. Jikapun ingin mengonsumsi daging, pilihlah daging yang tidak berlemak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)