Facebook Bikin Hidup Kurang Bahagia

Jum'at, 15 Januari 2016 - 16:30 WIB
Facebook Bikin Hidup...
Facebook Bikin Hidup Kurang Bahagia
A A A
JAKARTA - Dibalik manfaatnya yang bisa memberikan banyak informasi, ternyata sering menggunakan Facebook juga memiliki sisi negatif. Salah satunya membuat seseorang kurang bahagia.

"Di permukaan, Facebook menyediakan sumber yang tak ternilai untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk berhubungan sosial," papar Psikolog di University of Michigan, Ethan Kross.

Dilansir dari Channel News Asia, sebuah penelitian menemukan, bahwa Facebook tidak meningkatkan kesejahteraan, melainkan hal sebaliknya. Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menilai kesejahteraan 82 responden dewasa muda.

Mereka diketahui memiliki smartphone dan akun Facebook, serta bertugas mengirimkan pesan secara acak sebanyak lima kali dalam satu hari selama dua pekan.

Selanjutnya, peneliti pun memantau dengan menanyakan perasaan mereka. Apakah khawatir dan kesepian, berapa kali menggunakan facebook dan seberapa sering mereka berinteraksi langsung dengan orang.

"Semakin banyak orang menggunakan Facebook pada satu titik, semakin buruk perasaan mereka di waktu lain ketika kami mengirimkan pesan ke mereka. Semakin sering mereka menggunakan Facebook melebihi dua minggu, tingkat kepuasan hidup mereka semakin menurun dari waktu ke waktu," ujar para peneliti.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)