Berpelukan Selama 8 Menit Redakan Nyeri Otot

Selasa, 26 Januari 2016 - 14:30 WIB
Berpelukan Selama 8 Menit Redakan Nyeri Otot
Berpelukan Selama 8 Menit Redakan Nyeri Otot
A A A
JAKARTA - Konselor kesehatan mental di Hope and Care Center, Dr Alka Chadha mengungkapkan bahwa berpelukan memiliki manfaat yang besar. Khususnya bagi kesehatan.

"Berpelukan memiliki banyak manfaat kesehatan secara langsung, selain itu dapat membuat seseorang menjadi senang hingga menurunkan berbagai risiko penyakit, serta awet muda," papar Alka yang dilansir dari The Health Site.

Bahkan, manfaat tersebut bisa Anda dapatkan hanya dengan berpelukan selama delapan menit. Hal ini disebabkan oleh hormon kebahagian dalam tubuh. Berikut beberapa keuntungan lainnya dari berpelukan selama delapan menit.

1. Meredakan nyeri otot
Berpelukan dipercaya bisa meredakan nyeri otot. Dengan berpelukan, otot menjadi rileks dan juga melepaskan ketegangan otot. Alhasil rasa sakit akan berkurang.

2. Meningkatkan konektivitas
Untuk membangun ikatan yang kuat bisa dilakukan dengan berpelukan. Tidak hanya itu, berpelukan juga bisa membuat Anda lebih intim dengan orang yang dicintai.

Hal ini terbukti pada ibu yang memeluk bayi yang baru dilahirkan bisa membantu melepaskan hormon oksitosin sehingga ikatan antara ibu dan anak menjadi kuat.

3. Menurunkan tekanan darah
Endorfin atau hormon bahagia dan oksitosin dilepaskan ketika Anda berpelukan. Hormon-hormon ini akan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Meredakan peradangan
Berpelukan mampu membuang racun dari tubuh. Selain itu, berpelukan juga mampu menetralkan radikal bebas dan melindungi tubuh dari efek bahayanya.

5. Meredakan stres
Tidak hanya menurunkan produksi kortisol atau peningkatan tekanan darah, berpelukan juga bisa meningkatkan serotonin atau hormon pemberi rasa nyaman dan senang. Sistem saraf akan melemas, menenangkan otak, dan meningkatkan emosi positif.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3562 seconds (0.1#10.140)