Gejala Demam Berdarah Dengue yang Patut Diwaspadai

Kamis, 03 Maret 2016 - 23:30 WIB
Gejala Demam Berdarah Dengue yang Patut Diwaspadai
Gejala Demam Berdarah Dengue yang Patut Diwaspadai
A A A
JAKARTA - Demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit dengan vektor melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi oleh virus dengue.

Guru besar Divisi Infeksi dan Penyakit Tropis, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Prof. DR. dr. Sri Rezeki Hadinegoro menjelaskan, penyakit ini memiliki beberapa gejala. Salah satunya panas tinggi hingga 39 derajat celcius.

"Gejalanya itu panas tinggi, sakit kepala berat, nyeri pada belakang mata, nyeri otot dan sendi, mual serta ruam-ruam," papar Prof Sri Rezeki dalam acara Gerakan Nasional Bersama Melawan Demam Berdarah Dimulai di Hotel JW Marriot, Kamis (3/3/2016).

Sementara pada anak-anak, penderita DBD memiliki gejala mual, muntah, nyeri perut dan diare. Prof Sri menambahkan, hal yang perlu diwaspadai adalah pada wanita yang sudah mengalami menstruasi.

"Nah, untuk wanita yang sudah menstruasi itu perlu diwaspadai. Biasanya dia tiga hari sudah selesai tapi ini belum dan banyak. Demam juga. Hati-hati itu merupakan pendarahan yang luar biasa dan harus diperiksa di lab," ujarnya.

Umumnya, gejala-gejala tersebut akan terjadi pada 2—7 hari, setelah masa inkubasi empat sampai 10 hari setelah gigitan nyamuk yang terinfeksi.

"Wasapada juga kalu ada kasus demam berdarah di lingkungan. Bisa saja kita sudah bersih tapi tetangga belum. Sedangkan nyamuk gigitnya di situ-situ aja," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6291 seconds (0.1#10.140)