Seperti Apa Bintik Merah karena DBD? Kenali Ciri-cirinya

Minggu, 24 Maret 2024 - 13:30 WIB
loading...
Seperti Apa Bintik Merah karena DBD? Kenali Ciri-cirinya
Bintik merah menjadi salah satu ciri-ciri DBD yang sangat khas. DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Bintik merah menjadi salah satu ciri-ciri demam berdarah dengue (DBD) yang sangat khas. DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti.

Gejala DBD sering dimulai dengan demam tinggi, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, serta ruam merah yang dapat terjadi di seluruh tubuh. Ruam merah yang biasanya muncul pada pasien DBD sering disebut sebagai ruam bintik-bintik atau ruam maculopapular.

Ruam ini terjadi pada tahap penyakit yang lebih lanjut, di mana pendarahan internal dapat terjadi. Kondisi ini biasanya muncul setelah beberapa hari demam dan dapat diikuti oleh penurunan jumlah trombosit dalam darah yang menjadi ciri khas DBD.

Seperti Apa Bintik Merah karena DBD?



Meski demikian, sejumlah penyakit lainnya seperti campak juga menunjukkan gejala bintik merah pada tubuh. Lantas seperti apa ciri-ciri bintik merah karena DBD? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Health Line, Minggu (24/3/2024).





1. Muncul pada Kulit


Bintik merah sering muncul pada kulit dan bisa menutupi area yang luas, tetapi juga bisa terlokalisasi di beberapa bagian tubuh.

2. Bentuk dan Pola


Bintik merah mungkin muncul dalam bentuk bercak atau bintik-bintik yang kecil dan dapat beragam dalam ukuran. Mereka juga dapat terjadi dalam pola yang tidak teratur.

3. Warna


Bintik merah dapat memiliki warna merah yang intens, tetapi kadang-kadang mereka juga bisa menjadi sedikit lebih keunguan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)