6 Kesalahan Pemakaian Kondom

Senin, 07 Maret 2016 - 18:30 WIB
6 Kesalahan Pemakaian Kondom
6 Kesalahan Pemakaian Kondom
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa masih banyak orang yang salah menggunakan kondom. Padahal, penggunaan kondom yang benar bisa menghindari infeksi menular seksual (IMS) dan juga kehamilan tak direncanakan.

Peneliti dari Universitas Indiana melibatkan 50 studi mengenai penggunaan kondom. Hasil penelitian ini menunjukkan, kebanyakan pria masih salah memakai kondom.

Berikut sejumlah kesalahan dalam memakai alat kontrasepsi berbahan lateks ini yang dilansir dari Menshealth.

1. Telat memakai
Sekitar 17—51% responden mengaku, memakai kondom setelah penetrasi dilakukan. Sayangnya, kebiasaan ini tidak efektif dalam mencegah IMS.

2. Terlalu cepat melepas
Sekitar 13—44% responden mengaku melepaskan kondom sebelum penetrasi komplit. Tentunya keadaan ini bisa memicu kehamilan yang tak direncanakan.

3. Membuka gulungan sebelum dipakai
Kondom yang bocor atau sobek kerap terjadi. Umumnya, hal ini disebabkan oleh gulungan kondom sebelum dipakai. Bahkan, 2,1—25% responden kerap melakukan hal tersebut.

4. Tidak ada ruang di ujung
Umumnya, seorang pria kerap tidak menyisakan ruang di ujung kondom. Padahal celah tersebut berguna untuk tempat cairan sperma. Tidak melepaskan udara dari bagian ujung kondom sebelum memakainya juga menjadi kesalahan yang kerap terjadi.

5. Tergores benda tajam
Tak tanggung-tanggung, 11,2% responden kerap membuka kemasan kondom dengan benda tajam. Padahal, hal ini bisa menyebabkan kondom bocor.

6. Tidak memeriksa
Sekitar 74% pria dan 82% wanita tidak memeriksa kondisi kondom sebelum dipakai. Ada beberapa hal yang harus diperiksa dari kondom, yaitu tanggal kadaluarsa dan saat membuka gulungan untuk memperiksa ada atau tidaknya sobekan atau bocor.

(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7393 seconds (0.1#10.140)