Ini Bahaya Ibu Hamil yang Tercemar Zat BPA pada Wadah Plastik

Selasa, 29 Maret 2016 - 12:25 WIB
Ini Bahaya Ibu Hamil yang Tercemar Zat BPA pada Wadah Plastik
Ini Bahaya Ibu Hamil yang Tercemar Zat BPA pada Wadah Plastik
A A A
TEXAS - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Texas Medical Branch di Galveston mengungkapkan, bahwa bisphenol A (BPA) plastik pada ibu hamil memicu bayi lahir secara prematur.

Dilansir dari Times, para peneliti menganalisis sampel darah dan cairan ketuban janin dari wanita hamil yang dirawat di rumah sakit.

"Kami menemukan kadar tinggi BPA dalam aliran darah memicu risiko kelahiran prematur dibandingkan wanita yang memiliki paparan rendah BPA," papar peneliti tersebut.

Seperti diketahui, BPA merupakan bahan kimia yang terdapat dalam lapisan berbagai wadah plastik.

Selama pemanasan makanan, BPA akan mengontaminasi makanan. Parahnya, zat berbahaya ini menyebabkan peradangan abnormal yang dapat memicu masalah selama kehamilan.

"Selama dekade terakhir, telah ada apresiasi mengenai bagaimana paparan bahan kimia industri ini digunakan secara luas karena dapat meningkatkan risiko kelahiran yang merugikan," ujar peneliti.

Selain itu, penelitian yang juga dipublikasikan dalam The Journal of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine ini, menjelaskan paparan BPA selama kehamilan berisiko menyebabkan komplikasi paru-paru dan masalah perilaku pada bayi setelah lahir.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0813 seconds (0.1#10.140)