6 Alasan buat Wanita untuk Mulai Latihan Kegel Sekarang Juga

Minggu, 03 April 2016 - 23:01 WIB
6 Alasan buat Wanita untuk Mulai Latihan Kegel Sekarang Juga
6 Alasan buat Wanita untuk Mulai Latihan Kegel Sekarang Juga
A A A
JAKARTA - Sebelumnya anda mungkin pernah mendengar ajakan seperti, "Ayo berlatih kegel, itu baik untuk Anda!” Mungkin banyak diantara kita yang menganggap ajakan itu sebagai angin lalu, terutama jika kita tidak sedang mengalami masalah.

Namun kenyataannya adalah SEMUA wanita membutuhkan dasar panggul yang sehat dan latihan Kegel adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya. Setidaknya ada enam alasan mengapa Anda harus mulai melakukan latihan Kegel – mulai dari sekarang juga.

Untuk mendapatkan orgasme yang lebih dahsyat
Sekalipun Anda saat ini sudah cukup puas dengan orgasme Anda, tentu Anda tidak akan menolak jika bisa memiliki orgasme yang lebih kuat, lebih lama, dan lebih sering. Wanita dengan dasar panggul lebih kuat dapat mencapai orgasme secara lebih mudah, lebih sering, serta lebih intens.

Bagaimana bisa demikian? Ketika Anda mencapai klimaks, otot-otot dasar panggul akan berkontraksi secara ritmis. Semakin kuat otot Anda, maka kontraksi Anda pun akan semakin kuat. Kontraksi yang lebih kuat akan memberikan orgasme yang lebih dahsyat dan lebih sering.

Peningkatan kualitas orgasme ini pastinya merupakan sesuatu yang baik untuk Anda, secara fisik maupun mental. Saat berlangsungnya orgasme, tubuh wanita menghasilkan lebih banyak hormon oksitosin yang dapat memberikan sensasi bahagia dan menurunkan perasaan stres.

Hormon ini juga sangat membantu Anda agar dapat beristirahat dengan lebih baik setelah hubungan intim yang menguras tenaga (harap Anda ketahui, hubungan intim dapat membakar hingga 85 kalori per setengah jam). Telah dibuktikan pula bahwa orgasme dapat meningkatkan level immunoglobulin A (atau IgA), suatu antibodi yang meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit-penyakit umum.

Memberikan Kenikmatan Seksual bagi Pasangan
Kebanyakan wanita mungkin mendambakan memiliki Miss V yang rapat dengan alasan dapat memberikan sensasi dan kenikmatan yang lebih bagi pasangan mereka. Tidak setiap wanita beruntung memiliki Miss V yang rapat.

Kadang-kadang seorang wanita memiliki Miss V yang longgar karena faktor genetik, namun dalam kebanyakan kasus penyebabnya adalah karena peregangan pasca persalinan. Jika Anda seorang wanita dan ingin tahu apakah Miss V yang rapat akan membantu Anda memiliki sensasi yang lebih baik selama berhubungan intim, maka jawabannya adalah ya!

Miss V yang rapat dapat memberikan sensasi yang lebih baik karena otot-otot akan dapat merasakan gesekan yang ditimbulkan Mr.P pasangan sehingga otot-otot tersebut akan mendapatkan stimulan (rangsangan) yang lebih baik. Miss V yang kencang dapat mencengkeram Mr.P secara lebih kuat sehingga memberikan kenikmatan yang lebih buat pasangan anda.

Pasangan juga akan mengalami sensasi yang lebih dahsyat karena Miss V yang rapat akan membuatnya merasa mampu melakukan penetrasi secara lebih efisien, sehingga itulah mengapa dalam banyak kasus, Miss V yang rapat dapat membantu pasangan lebih dekat dan lebih intim satu sama lain.

Kegel merupakan salah satu latihan yang paling efektif untuk membentuk Miss V yang lebih rapat karena menargetkan otot-otot dasar panggul yang mengitari Miss V serupa cincin. Dengan melakukan latihan Kegel, otot-otot tersebut akan menjadi lebih tebal dan lebih kuat.

Mendapatkan inti (core) yang lebih suportif
Inti (atau core) adalah sekelompok otot yang mengelilingi dan bekerja pada tulang belakang untuk menghasilkan gerakan ataupun kestabilan batang tubuh, dan terdiri atas otot-otot dinding perut, panggul, punggung bawah, otot pantat, extensor punggung, flexor panggul, dan diafragma. Bagian inti, dasar panggul (pelvic floor) dapat disebut sebagai pahlawan karena fungsinya sebagai penopang organ internal, terutama kandung kemih, usus dan rahim.

Dapat Anda bayangkan dasar panggul sebagai tempat tidur gantung kecil yang menyenangkan. Jika tempat tidur gantung ini lemah, maka organ tidak akan duduk di tempat yang seharusnya. Dasar panggul Anda juga bersinergi dengan otot-otot abdomen (perut) dan otot-otot punggung dalam mendukung dan menstabilkan tulang belakang untuk membantu Anda mendapatkan postur tubuh yang lebih baik, mengurangi rasa sakit serta mencegah cedera. Dengan memiliki dasar panggul yang kuat sebagai pondasi, Anda akan memiliki inti yang berfungsi maksimal.

Mencegah atau mengobati kebocoran kandung kemih
Sekalipun saat ini Anda tidak mengalami kebocoran kandung kemih, perlu Anda ketahui bahwa 1 dari 3 wanita (atau 33 persen dari seluruh wanita) mengalami masalah tersebut pada suatu waktu dalam kehidupan mereka. Sepintas angka 33 persen ini kelihatan seperti jumlah yang besar, namun cobalah bertanya pada ibu, nenek, saudara perempuan dan teman-teman Anda, dan mungkin Anda akan terkejut dengan jumlah wanita di sekitar Anda yang mengalami kebocoran kandung kemih, sekalipun mungkin hanya ringan.

Banyak wanita yang mengalami kebocoran pada saat mereka tertawa atau batuk karena dasar panggul mereka tidak cukup kuat. Ketika otot-otot dasar panggul tidak cukup kuat, maka mereka akan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan otot-otot sphincter, yaitu lingkaran otot yang berfungsi menjaga suatu bukaan biologis tetap dalam posisi tertutup.

Secara sadar, umumnya kita hanya mengistirahatkan otot-otot ini saat buang air kecil. Jika Anda memiliki dasar panggul yang lemah dan Anda batuk, tekanan akan terbentuk di perut yang selanjutnya akan menekan kebawah kearah kandung kemih. Karena otot-otot dasar panggul tidak cukup kuat untuk menahan urin, maka terjadilah kebocoran.

Kegel merupakan latihan sederhana untuk kontraksi dan rilis yang menolong Anda membangun kekuatan otot-otot dasar panggul. Dengan memiliki otot-otot dasar panggul yang cukup kuat, maka kita akan mampu mengendalikan kapan tubuh kita membuang urin.

Mempersiapkan Kehamilan dan Pemulihan Pasca Persalinan
Kehamilan bisa menjadi sesuatu yang indah, namun juga dapat menjadi saat-saat yang sedikit menyulitkan dasar panggul Anda. Penambahan berat badan selama kehamilan dapat melemahkan dan menegangkan otot-otot, terutama jika Anda menjalani kelahiran secara normal.

Lakukanlah persiapan kehamilan dengan melakukan Kegels sekarang juga, meski jika Anda belum berencana untuk segera memiliki bayi. Memastikan bahwa dasar panggul Anda dalam kondisi yang baik sebelum kehamilan dapat mencegah resiko kebocoran atau inkontinensia pada periode selama dan setelah kehamilan, memperpendek tahap kedua persalinan (fase ketika Anda melakukan semua aktivitas menekan), serta mencegah komplikasi lebih lanjut selama melahirkan (seperti mengalami robek dan episiotomy).

Setelah Anda selesai melahirkan, melakukan Kegels dapat membantu pemulihan tubuh Anda, membentuk otot-otot Anda, mengurangi kebocoran kandung kemih, dan simsalabim… bersiaplah untuk melihat tubuh “hot mama” Anda menjadi lebih hot…!

Mempersiapkan Masa Menopause atau Meringankan Gejala Menopause Anda
Sebagai seorang wanita yang mendekati masa menopause, kita sering mengalami berbagai gejala yang berhubungan dengan fluktuasi kadar hormone estrogen, termasuk kekeringan Miss V dorongan seks yang lebih rendah. Penurunan estrogen juga dapat menyebabkan pelemahan otot dasar panggul Anda, Inilah alasan mengapa memiliki dasar panggul yang kuat dalam setiap tahap kehidupan Anda merupakan hal yang perlu menjadi prioritas.

Disamping itu, melatih otot-otot dasar panggul akan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul, yang selanjutnya dapat meningkatkan kelembaban Miss V serta meningkatkan libido Anda. Latihan Kegel akan membantu Anda merawat gejala-gejala menopause sehingga Anda dapat lebih fokus dalam menikmati fase kehidupan yang baru ini.

Terlepas dari apa pun tahap kehidupan Anda saat ini, tidak ada sedikit pun ruginya bagi Anda untuk mulai melakukan latihan Kegel. Yang terpenting adalah Anda harus melakukannya dengan benar. Banyak di antara Anda yang berpikir bahwa semua yang perlu Anda lakukan hanyalah sekedar "memeras (squeeze) dan melepaskan (release)".

Meskipun itu hampir benar, masih ada sedikit hal lagi yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu memastikan bahwa Anda melatih otot-otot yang tepat, dan bahwa Anda melakukan latihan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Instruktur Kegel yang berpengalaman akan memandu Anda secara rutin untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari setiap latihan yang Anda lakukan. Kegels tidak hanya memberikan Anda kesehatan intim yang lebih baik saat ini, namun juga dapat membantu Anda mencegah masalah yang beresiko Anda alami di masa depan. Entah usia Anda sekarang 26 ataukah 62 tahun, ini saatnya untuk memulai latihan Kegel!

Ainita
Instruktur Sex Exercise
Ainita
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5122 seconds (0.1#10.140)