Gejala dan Cara Menangani Flu pada Anak

Selasa, 05 April 2016 - 03:01 WIB
Gejala dan Cara Menangani Flu pada Anak
Gejala dan Cara Menangani Flu pada Anak
A A A
JAKARTA - Flu merupakan penyakit yang mudah menyerang siapa saja. Penyakit ini tidak memandang usia. Bahkan, anak-anak kerap menjadi langganan penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

Umumnya, penderita flu akan ditandai dengan gejala suhu tubuh meningkat, sakit tenggorokan, pilek dan batuk. Meski demikian, penyakit ini tidak berbahaya.
Namun, para orangtua harus mengetahui gejala flu pada anak-anak. Berikut ulasannya yang dilansir dari WEBMD.

1. Demam
Parasetamol atau ibuprofen dipercaya sebagai salah satu penanganan pertama pada anak demam. Namun, pastikan Anda tidak memberikan aspirin pada anak berusia dibawah 16 tahun. Pasalnya, obat ini bisa menyebabkan masalah pada liver dan otak.

Para pakar juga menganjurkan untuk mengenakan pakaian berbahan tipis. Cara ini dinilai bisa membuat panas tubuh lebih mudah keluar.

Untuk mencegah dehidrasi, pastikan juga anak cukup cairan. Jika anak tampak lesu, bibir kering dan tidak mau makan, segeralah bawa anak ke dokter.

2. Sakit tenggorokan dan batuk
Umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh flu dan akan sembuh dalam waktu lima hari. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan, Anda bisa memberikan madu di air hangat dan lemon.

Sedangkan untuk anak berusia enam tahun ke atas, Anda bisa memberikan obat-obatan yang dijual bebas.

Namun, pastikan obat yang diberikan untuk gejala yang dialami anak. Jangan lupa baca dan aturan yang tertera dalam kemasan dan juga dosis sesuai aturan. Tidak dianjurkan memberikan lebih dari satu obat flu atau batuk secara bersamaan.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9571 seconds (0.1#10.140)