Ini Dia, Jawaban Mengapa Golongan Darah AB Langka di Dunia

Minggu, 10 April 2016 - 12:01 WIB
Ini Dia, Jawaban Mengapa Golongan Darah AB Langka di Dunia
Ini Dia, Jawaban Mengapa Golongan Darah AB Langka di Dunia
A A A
HARVARD - Penggolongan darah dibagi menjadi empat, yaitu A, B, AB, dan O. Golongan darah AB dinilai merupakan golongan darah yang langka.

Dilansir dari Live Science, Dr Leslie Silberstein dari Harvard Stem Cell Institute menjelaskan, golongan darah AB langka karena alasan faktor genetik.

"Kita mewarisi genetik untuk golongan darah ini dari kedua orang tua. Kode genetik yang menentukan protein antigen apa yang muncul di sel darah merah kita nantinya," papar Leslie.

Lanjut Leslie menjelaskan, pasangan yang memiliki golongan darah A atau O, maka kemungkinan besar sang anak memiliki golongan darah A. Golongan darah O tidak memiliki pengaruh yang kuat. Namun, golongan darah O akan muncul ketika seseorang memiliki dua pasang gen untuk kode O.

Senada dengan golongan darah O, golongan darah AB juga bisa muncul jika seseorang memiliki kode genetik untuk A dan juga B. Berdasarkan data dari Stanford School of Medicine, golongan darah O dimiliki sekitar 44 persen populasi dunia, darah A 42 persen, B 10 persen, dan AB 4 persen.

Dari data tersebut, Leslie mengungkapkan, kemungkinan terjadinya perkawinan yang mempertemukan golongan darah A dan B lebih sedikit di bandingkan dengan golongan darah lainnya.

Kabar baiknya, karena antigen yang unik, pemilik golongan darah AB bisa mendapatkan transfusi dari golongan darah apa saja.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8923 seconds (0.1#10.140)