Mudah dan Praktis Membuat Ayam Panggang Asam Manis

Selasa, 12 April 2016 - 07:01 WIB
Mudah dan Praktis Membuat Ayam Panggang Asam Manis
Mudah dan Praktis Membuat Ayam Panggang Asam Manis
A A A
SYDNEY - Sudahkah Anda menyiapkan menu makan siang dan malam hari ini? Jika belum tahu akan memasak apa untuk keluarga hari ini, resep dari Taste.com.au ini sepertinya dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda.

Dengan bahan yang mudah dan terjangkau, Anda dapat membuat menu yang spesial ditengah meja makan Anda. Untuk membuat Ayam Panggang Asam Manis ini yang Anda butuhkan hanyalah dada ayam, sayur-sayuran seperti paprika, bok choy, dan nanas, serta bumbu-bumbu yang sudah pasti ada di dapur Anda. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, intip resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:
4 potong dada ayam fillet (masing-masing berukuran 200 gram)
1 sdm minyak zaitun

1 buah paprika merah, potong-potong sesuai selera
1 bawang merah, cincang kasar
225 gram nanas kalengan

2 sdm cuka putih
2 sdm saus tomat
1 sdm kecap

1 sdm gula kastor
2 sdt tepung maizena
2 buah bayi bok choy, dibelah dua, dikukus

Daun ketumbar secukupnya
Garam dan merica secukupnya
Nasi putih sebagai pelengkap

Cara membuat:
* Potong setengah memanjang masing-masing dada ayam, kemudian lumuri dengan 1/2 sendok makan minyak zaitun dan bumbui dengan garam dan merica.

* Kemudian tempatkan paprika dan bawang dalam mangkuk. Tambahkan sisa minyak, diamkan sebentar.

* Keluarkan nanas dari kaleng dan pisahkan buah dengan airnya.

* Campurkan air nanas ke dalam panci kecil dengan cuka, saus tomat, kecap, dan gula, kemudian didihkan di atas api sedang. Siapkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan 1 sendok makan air kemudian tambahkan kedalam campuran saus. Masak dan aduk, selama 2 menit atau sampai saus mendidih dan mengental.

* Panaskan panggangan untuk barbekyu di atas api sedang. Masak ayam selama 2 sampai 3 menit di setiap sisinya atau sampai matang. Setelah itu tempatkan diatas piring, sisihkan sebentar.

* Tambahkan paprika, bawang, dan nanas ke panggangan, dan masak selama 2 sampai 3 menit setiap sisi atau sampai sayuran lunak dan nanas sedikit hangus.

* Siapkan piring saji, tuangkan nasi secukupnya, tambahkan ayam, sayuran, dan nanas kemudian tuangkan saus diatasnya dan tambahkan daun ketumbar serta bok choy. Sajikan.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6301 seconds (0.1#10.140)