Puaskan Keinginan, Ini Tiga Alternatif Pasta Rendah Karbohidrat

Kamis, 13 Agustus 2020 - 05:55 WIB
loading...
Puaskan Keinginan, Ini Tiga Alternatif Pasta Rendah Karbohidrat
Dibandingkan menghindari makanan kaya karbohidrat yang menyediakan energi esensial, pilih opsi cerdas yang memiliki lebih sedikit karbohidrat. / Foto: ilusrasi/Live Naturally Magazine
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian orang, pasta berada di urutan teratas daftar keinginan. Tetapi Anda tidak harus melepaskan salah satu makanan favorit Anda ini jika sedang menjalani gaya hidup rendah karbohidrat. Pasalnya, ada banyak mi rendah karbohidrat di luar sana untuk memuaskan keinginan Anda.

(Baca juga: Penting Mengenali Gejala ADHD pada Anak )

Satu porsi atau 2 ons pasta putih tradisional mengandung lebih dari 210 kalori dan 42 gram karbohidrat. Vandana Sheth, RDN, ahli diet yang berbasis di Los Angeles dan penulis My Indian Table: Quick & Tasty Vegetarian Recipes mengatakan, dibuat dari tepung, pasta tradisional rendah serat, tinggi kalori dan cepat terurai menjadi gula dalam aliran darah.

Artinya, pasta dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin secara cepat seperti roller coaster naik turun. Menurut Kristin Kirkpatrick, RDN dan penulis Skinny Liver: A Proven Program to Prevent and Reverse the New Silent Epidemic-Fatty Liver Disease, seiring waktu, pola yoyo ini bisa membuat Anda bertambah gemuk.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu melepaskan spageti dan bakso sama sekali. Moderasi adalah salah satu solusi. "Anda selalu bisa membuat pasta lebih rendah karbohidrat dengan memantau porsinya," tambah Sheth.

Dibandingkan menghindari makanan kaya karbohidrat yang menyediakan energi esensial, pilih opsi cerdas yang memiliki lebih sedikit karbohidrat bersih dan mengemas nutrisi termasuk serat dan protein. Misalnya, pasta yang padat nutrisi dengan lebih sedikit karbohidrat bersih seperti pasta berbasis kacang-kacangan adalah alternatif yang bagus untuk mi putih.

(Baca juga: Diet Happy dengan D8 Bisa Turun 8 Kg dalam Sebulan )

Pastikan untuk membaca info nutrisi di bagian belakang kemasan. Seringkali, makanan imitasi bisa jadi kurang sehat jika penuh dengan bahan olahan atau sarat dengan natrium dan gula berlebih. Oleh karena itu, pilih pasta yang hanya mengandung satu atau dua bahan. Berikut alternatif pasta rendah karbohidrat seperti dilansir Live Strong, Rabu (12/8).

1. Pasta edamame

Spageti edamame organik yang mudah dibuat siap dalam waktu kurang dari enam menit. Satu porsi berisi 24 gram protein, 20 gram karbohidrat dengan 13 gram serat, yang lebih dari setengah nilai harian Anda. Pasta ini dibuat dengan satu bahan yakni tepung edamame yang dianggap ramah vegan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5354 seconds (0.1#10.140)