Tips Membuat Menu Sahur Ala Anwar MCI 4

Rabu, 25 Mei 2016 - 15:25 WIB
Tips Membuat Menu Sahur Ala Anwar MCI 4
Tips Membuat Menu Sahur Ala Anwar MCI 4
A A A
JAKARTA - Dalam menyambut bulan puasa yang tak lama lagi akan tiba, host sekaligus mantan sepuluh besar ajang pencarian bakat memasak Masterchef Indonesia musim empat, (MCI 4), Anwar Sanjaya berbagi tips.

Anwar memberikan tips untuk menyiapkan menu sahur yang sehat agar kuat menjalani puasa serta gizi tetap tercukupi meskipun harus menjalani berbagai aktifitas di bulan penuh berkah nanti.

“Kalau tips dari aku, ketika kita memilih menu untuk sahur, kita itu harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air ya, mineral, vitaminnya, gizi seimbang lah ya. Karena kan kalau sahur itu kita makan pagi, tapi kita dikasih jeda yang lama sampai nanti waktu maghrib,” jelasnya kepada Sindonews beberapa waktu lalu.

Anwar mengatakan bahwa hal yang terpenting saat sahur adalah mengurangi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi protein. “Selama itu kan kita beraktifitas tapi kita nggak makan, nggak minum, otomatis tenaga kita akan terkuras. Jadi saat sahur yang penting harus kurangi karbohidrat, supaya nggak cepat ngantuk. Terus dibanyakin proteinnya supaya cepet kenyang, kayak telur, daging-dagingan, ikan,” jelasnya.

Selain itu, dia lebih mengutamakan untuk mengolah berbagai jenis sayuran yang mengandung banyak air untuk menu sahur di rumahnya. Selain itu, ia juga berpesan agar mengurangi gula pada saat sahur agar tubuh tidak cepat lelah dan mengantuk saat beraktifitas.

“Kalau buat aku pribadi, aku biasanya bikin menu sahur itu kayak sayur-sayuran yang mengandung banyak air, misalnya kayak timun. Aku bikin sayur timun, terus wortel, tapi nggak aku macem-macemin, cuma bening aja. Karena cairannya dapet, kenyangnya juga dapet. Oya, sama kurangi manis juga kalau sahur,” pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7501 seconds (0.1#10.140)