4 Cara Mudah Menyimpan Makanan Matang Sisa, Tidak Mudah Basi

Jum'at, 29 September 2023 - 00:05 WIB
loading...
4 Cara Mudah Menyimpan Makanan Matang Sisa, Tidak Mudah Basi
Ada beberapa cara mudah dan efektif menyimpan makanan matang sisa. Memasak makanan berlebih adalah hal yang umum dan sering terjadi di setiap rumah. Foto/The Spurce Eats
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara mudah dan efektif menyimpan makanan matang sisa. Memasak makanan berlebih adalah hal yang umum dan sering terjadi di setiap rumah.

Namun, cara Anda menyimpan makanan yang sudah dimasak dapat membuat banyak perbedaan. Menyimpan makanan yang sudah dimasak sangatlah penting.

Terutama jika Anda ingin mempertahankan kesegarannya untuk beberapa hari lagi. Berikut beberapa cara mudah dan efektif untuk menyimpan makanan matang dilansir dari Times of India, Jumat (29/9/2023).

Cara Mudah Menyimpan Makanan Matang Sisa





1. Gunakan Wadah Kedap Udara


Pindahkan makanan yang sudah dimasak ke dalam wadah kedap udara. Wadah ini membantu menciptakan penghalang yang mencegah masuknya udara, yang dapat menyebabkan pembusukan makanan. Pilih wadah dengan ukuran yang sesuai untuk meminimalkan ruang kosong, karena udara berlebih dapat mempercepat pembusukan makanan.

2. Hindari Kepadatan yang Berlebihan


Jangan mengisi lemari es atau freezer secara berlebihan karena dapat menghalangi aliran udara dan menyebabkan pendinginan tidak merata. Udara dingin perlu bersirkulasi untuk menjaga makanan tetap aman dan segar.



3. Gunakan Kantong untuk Membekukan


Saat membekukan makanan, gunakan kantong atau wadah freezer yang dirancang khusus untuk pembekuan. Keluarkan udara sebanyak mungkin dari kantong sebelum disegel.

4. Simpan Barang Serupa Bersama-sama


Simpan makanan dengan rasa serupa di lemari es dan freezer Anda. Misalnya, simpan produk susu di satu tempat, daging di tempat lain, dan buah-buahan serta sayuran di laci yang telah ditentukan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)