Ikan Gurami Degan, Gurihnya Gurami Berpadu Manisnya Kelapa Muda

Minggu, 05 Juni 2016 - 16:30 WIB
Ikan Gurami Degan, Gurihnya Gurami Berpadu Manisnya Kelapa Muda
Ikan Gurami Degan, Gurihnya Gurami Berpadu Manisnya Kelapa Muda
A A A
BANDUNG - Salah satu ikan air tawar yang banyak digemari oleh orang Indonesia, adalah ikan gurami. Varian menu ikan gurami pun disajikan dengan kekayaan khas bumbu rempah ala Indonesia. Diolah seperti apapun, baik itu di goreng garing, dibuat jadi sop, maupun dipepes, ikan yang satu ini memiliki rasa yang sulit digantikan oleh ikan air tawar lainnya.

Daging ikan gurami yang padat, serta kandungan gizinya yang cukup tinggi, membuat ikan ini kerap menjadi santapan menu utama di berbagai restaurant di Kota Bandung. Salah satu menu unik ikan gurami bisa anda temukan di rumah makan Bumi Mitoha. Menu jagoan ikan guraminya dinamai Ikan Gurami Degan.

Dari namanya, bisa terbayang bahwa ikan gurami ini disajikan dengan kelapa muda atau degan. Menurut sang juru masak, Ano Sutisna, pengolahan ikan pun memang kaya dengan bumbu rempah tradisional.

Awalnya ikan gurami digoreng terlebih dahulu baru dimasukan ke dalam kelapa ukuran besar yang sudah dibakar sebelumnya. Untuk bumbunya, dia memakai bumbu hijau yang berbahan dasar cabai hijau, tomat hijau, daun kemangi, dan gulungan cabai rawit.

“Ikan gurami yang sudah digoreng tersebut, diberi bumbu hijau setelah dimasukan ke dalam kepala. Kelapa yang dipakai pun masih memiliki daging kelapa dan datoknya dibakar terlebih dahulu agar aromanya wangi dan rasa daging ikannya pun berbeda,” tutur Ano.

Rasa ikan gurami yang gurih dan khas, menambah cita rasa daging ini karena bisa Anda santap sekaligus dengan daging kelapa yang memiliki rasa manis. Sajian utama ini pun sangat cocok jika anda santap bersamaan dengan nasi, karena selain gurih, kelapa yang sudah dibakar terlebih dahulu itu pun ikut gurih dan dijamin menambah selera makan Anda.

Sajian unik lainnya di tempat ini yakni Ikan Patin Buluh Sumpu. Makanan yang merupakan khas Manado ini menjadi salah satu favorit, lantaran cara penyajiannya pun unik, yakni di dalam bambu.
Patin Buluh Sumpu
Ikan patin yang digoreng garing, dibumbui dengan bumbu rempah kuning dan dimasukkan ke dalam bambu. Di dalamnya juga diberikan daun singkong, cabe rawit, kunyit, bawang merah, serta bawang putih. Alhasil, ikan patin yang memiliki bau amis yang kuat, hilang seketika lantaran dibumbui rempah yang melimpah.

“Sebelum disajikan, semua ikan dan bumbu tersebut dimasukan ke dalam bambu dan dibakar selama kurang lebih 15 menit. Selain bambu menghasilkan cita rasa yang berbeda pada rasa ikan, bambu juga menambah wangi khas sajian yang satu ini,” ujarnya.

Nah, bagi Anda pencinta sajian menu ikan air tawar, kedua menu ini rasanya wajib Anda coba jika berkunjung ke kota yang dikenal sebagai surganya kuliner ini. Selamat mencoba!
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6501 seconds (0.1#10.140)