Pria Produktif Rawan Kena Batu Ginjal

Rabu, 20 Juli 2016 - 22:14 WIB
Pria Produktif Rawan Kena Batu Ginjal
Pria Produktif Rawan Kena Batu Ginjal
A A A
JAKARTA - Batu ginjal merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Masalah saluran kemih ini paling banyak terjadi di Indonesia. Tercatat sebanyak 75% kasus batu ginjal dari mayoritas kasus urologi.

Sayang, masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang memerhatikan dengan serius masalah ini. Padahal, jika dibiarkan, batu ginjal menyebabkan komplikasi yang akan merusak fungsi ginjal hingga berujung pada gagal ginjal.

"Batu ginjal terbentuk karena endapan kristal yang umumnya berupa kalsium atau asam urat dan ditemukan di sepanjang saluran kemih," kata dokter spesialis urologi Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ), dr Charles Martamba Hutasoit, SpU saat media gathering di SHKJ, Jakarta, Rabu (20/07/2016).

Batu ginjal umumnya lebih sering terjadi pada pria berusia produktif, dibandingkan wanita. Selain itu, jika batu ginjal sudah menyebabkan rasa nyeri, pendarahan, penyumbatan, dan infeksi di saluran kemih, dr Charles menyarankan segera melakukan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

"Ini (ESWL) bisa mencegah penyakit di masa depan. Batu ginjal umumnya lebih sering terjadi pada pria berusia produktif daripada wanita," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8949 seconds (0.1#10.140)