Bedah Plastik, Dokter Lokal Pun Berkualitas

Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:19 WIB
Bedah Plastik, Dokter Lokal Pun Berkualitas
Bedah Plastik, Dokter Lokal Pun Berkualitas
A A A
JAKARTA - Bedah plastik kerap dilakukan banyak orang demi memiliki bentuk tubuh yang diinginkan. Mulai memancungkan hidung, dagu, dan meniruskan pipi. Sayang, banyak orang Indonesia lebih memilih melakukan bedah plastik di luar negeri dibandingkan dalam negeri.

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) dr Irena Sakura Rini SpBP-RE(K) menilai karena kebiasaan dokter asing berani melakukan promosi keahliannya.

"Perbedaannya pada satu hal. Dokter di Indonesia memiliki etika, di mana kita tidak boleh mempromosikan diri. Sementara dokter asing berani mempromosikan kemampuan dirinya," kata dr Irena saat Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) PERAPI XX di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Akibatnya banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih melakukan prosedur tersebut ke luar negeri. Dalam kesempatan yang sama, dr Budiman SpBP-RE(K) MARS menjelaskan kemampuan dan kualitas dokter di Indonesia tidak kalah dengan dokter asing.

"Kualitas, kompetensi, dan keamanan bedah plastik di Indonesia setara dengan luar negeri, sehingga hampir semua kebutuhan bedah plastik, baik estetik maupun rekonstruksi, dapat dilakukan di Tanah Air tanpa perlu ke luar negeri. Tentunya dengan catatan, harus dijalankan oleh dokter spesialis bedah plastik yang memiliki izin praktek dan bersertifikat," jelasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7501 seconds (0.1#10.140)