Manfaat dan Kandungan Gizi dalam Bihun

Jum'at, 05 Agustus 2016 - 11:16 WIB
Manfaat dan Kandungan Gizi dalam Bihun
Manfaat dan Kandungan Gizi dalam Bihun
A A A
JAKARTA - Bihun merupakan makanan memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Ada yang bahan dasarnya terbuat dari beras yang disebut bihun beras dan bahan dasarnya jagung yang disebut bihun jagung.

Kali ini yang akan dibahas adalah bihun jagung yang kaya akan manfaat dibandingkan dengan bihun beras. Kandungan gizi yang terdapat dari bihun jagung antara lain sebagaimana dikutip dari wikipedia:

1. Low Glycemix Index / Index glikemik
Glycemix Index adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Bihun jagung salah satu bahan makanan yang memiliki kecepatan yang rendah untuk diserap menjadi gula darah sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

2. Dietary Fiber
Dikenal juga dengan bama serat pangan atau serat diet merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan baik bagi kesehatan. Manfaat lainnya dari bihun jagung ini adalah memperlambat munculnya rasa lapar, mengurangi resiko kegemukan, meningkatkan volume feses dan mengurangi resiko konstipasi (sulit buang air besar).

Selain itu, bihun jagung mudah ditemukan di supermarket, mini market, pasar dan tukang sayur keliling dengan harga yang murah. Bihun jagung sangat enak dinikmati karena bihun jagung mudah menyerap bumbu.

Bihun jagung dapat diolah dengan mudah tidak hanya untuk makanan utama, sebagai makanan pendamping seperti soto ayam, ketoprak atau snack seperti isian risol atau martabak goreng pun cocok. (Baca juga : HLKI: Snack Bikini Diduga Bangun Memori Pornografi pada Anak)

Sementara itu, bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini terdapat tujuh kandungan gizi dan vitamin. Antara lain, bihun mengandung energi sebesar 360 kilokalori, protein 4,7 gram, karbohidrat 82,1 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 6 miligram, fosfor 35 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Selain itu, di dalam bihun juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Mi Bihun, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0452 seconds (0.1#10.140)