Alasan Kenapa Asma Bisa Renggut Nyawa Istri Tukul Arwana

Rabu, 24 Agustus 2016 - 19:25 WIB
Alasan Kenapa Asma Bisa Renggut Nyawa Istri Tukul Arwana
Alasan Kenapa Asma Bisa Renggut Nyawa Istri Tukul Arwana
A A A
JAKARTA - Istri sinetron sekaligus komedian, Tukul Arwana, Susiana atau yang dikenal dengan Susi Similikiti, meninggal dunia pada Selasa (23/8/2016) pukul 18.00 akibat penyakit asma yang dideritanya. Sebelumnya, Susi sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Brawijaya, Jakarta.

Lalu kenapa asma bisa mematikan? Dilansir dari Daily Mail, Kepala Penasihat Medis dari National Asthma Campaign Inggris, Dokter Martyn Partridge menjelaskan, bahwa umumnya kematian karena asma dipicu oleh gejala yang semakin memburuk dan terjadi secara gradual hingga menyebakan kematian.

"Penyebab utama kematian akibat asma terjadi karena kondisi henti napas yang menyebabkan saluran napas tertutup dan pasokan oksigen ke otak terhenti. Kasus ini jarang terjadi," papar Martyn.

Seperti diketahui, penderita asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif. Ketika paru-paru teriritasi oleh beberapa hal, yakni iritasi udara, infeksi saluran napas dan obat tertentu akibatnya otot-otot saluran pernapasan akan kaku dan menyempit.

Selanjutnya, terjadi peningkatan produksi dahak yang membuat penderita asma sulit bernapas. Fatalnya, minimnya udara di saluran napas, membuat oksigen berkurang di paru-paru hingga tak ada sama sekali. Hal ini pun menyebabkan penderita asma pingsan hingga meninggal dunia.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5841 seconds (0.1#10.140)