Peringati HKJS 2016, Kemenkes Gelar Walk The Talk

Rabu, 05 Oktober 2016 - 12:50 WIB
Peringati HKJS 2016,...
Peringati HKJS 2016, Kemenkes Gelar Walk The Talk
A A A
JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 2016, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) bersama mitra-mitra terkait secara terpadu akan menggelar acara Walk The Talk di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (9/10/2016). Acara ini akan dimeriahkan oleh sejumlah kegiatan menarik.

"Sebagai puncak peringatan momentum Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2016 akan digelar kegiatan berupa jalan dan senam sehat, permainan dan movie cartoon untuk melatih kognitif, pojok konsultasi dan pameran rumah sakit yang memiliki unit pelayanan kesehatan jiwa," papar Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza (Dit P2MKJN), Kemenkes, dr. Fidiansyah, SpKJ, MPH saat jumpa pers di Kemenkes, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Dengan mengusung tema Jiwa yang sehat Berawal dari Keluarga Sehat, dr Fidiansyah menjelaskan, menjaga kesehatan jiwa seluruh masyarakat Indonesia merupakan tugas semua pihak. Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat harus berperan dalam menjaga kesehatan jiwa anggota keluarga.

"Keluarga juga menjadi pihak yang memberikan pertolongan pertama psikologis apabila tampak gejala yang mengarah pada masalah kesehatan jiwa," jelasnya.

Sementara, kesehatan jiwa masih menjadi salah satu permasalah kesehatan yang signifikan di dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia, jumlah kasus gangguan jiwa terus bertambah dan berdampak pada penambahan beban negara dan penurunan produktivitas manusia jangka panjang.

"Riset kesehatan dasar (riskesdas) 2013, prevalensi gangguan mental emosional yang ditunjukkan dengan gejala-gejala depresi dan kecemasan untuk usia 15 tahun ke atas mencapai sekitar 14 juta orang atau 6% dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan prevalensi gangguan jiwa berat, seprti skizofrenia mencapai 400.000 orang atau sebanyak 1,7 per 1000 penduduk," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2325 seconds (0.1#10.140)