Perhatikan! Ini Cara Mencuci Jas Kesayangan

Selasa, 11 Oktober 2016 - 13:20 WIB
Perhatikan! Ini Cara...
Perhatikan! Ini Cara Mencuci Jas Kesayangan
A A A
JAKARTA - Menyusutnya jas Dirjen HAM, Mualimin Abdi akibat dicuci di jasa laundry kiloan didekat kantornya tengah menjadi sorotan. Kasus jas seharga puluhan juta itu pun menjadi viral. Lalu kenapa hal ini bisa terjadi?

Umumnya, jas menggunakan material perpaduan antara wool, katun, polyester dan serat kain yang diberi partikel metal untuk memberi efek sedikit berkilau. Direktur LTC & DTC konsultan laundry dan dry cleaning asal Inggris, Richard Neale mengatakan, bahwa jas bisa menyusut setelah dicuci karena mengandung bahan wool.

"Kombinasi gerakan mekanis pada mesin dan pemakaian air bisa menyebabkan serat-serat wool berpaut satu sama lain sehingga kainnya tidak bisa meregang kembali ke bentuk semula, dan jadi menyusut," papar Richard. Lantas bagaimana cara mencuci jas yang tepat? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Daily Mail.

1. Pastikan Anda tidak terlalu sering membawa jas ke laundry untuk dry clean. Agar tetap terlihat sempurna, sebagian pecinta jas pun men-dry clean jas satu atau dua kali dalam setahun. Pasalny, jas dengan serat-serat wool mikro memiliki teksturnya lebih lembut dan lebih rentan rusak. Jika jas hanya terkena noda ringan, Anda bisa membersihkannya dengan mengusapkan kain basah pada area yang bernoda.

2. Idealnya jas disteam bukan disetrika. Karena, suhu setrika yang terlalu panas bisa merusak kain dan meninggalkan jejak putih keperakan pada permukaan bahan. Steaming merupakan cara yang paling tepat untuk menghilangkan kerut dan bau sehingga tidak akan merusak serat kain.

3. Meski nyaman digunakan, namun debu dan kotoran lebih mudah menempel pada bahan wool. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat khusus. Mulailah dari bagian bahu ke lengan dan dan area lainnya. Pastikan Anda menyikat dengan lembut dan perlahan dengan gerakan dari atas ke bawah. Gunakan juga lint roller untuk mengangkat partikel-partikel yang sulit dibersihkan dengan sikat.

4. Ketika jas tidak dipakai, sebaiknya gantung jas di lemari. Namun, pastikan Anda tidak menggantungnya memakai hanger yang terbuat dari kawat atau besi. Ini bisa mengubah struktur bahu pada jas. Sebaiknya gunakan hanger dengan ujung bulat yang terbuat dari kayu alami. Kayu akan menyerap kelembapan pada serat kain dan membuatnya tetap bagus lebih lama.

5. Seperti halnya sepatu, jas harus dipakai bergantian. Pakailah jas Anda secara bergantian. Jas yang dipakai berhari-hari secara berurutan akan membuat warna dan bentuk jas menjadi berubah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)