Waspada! Sistem Kerja Shift Berbahaya

Kamis, 20 Oktober 2016 - 18:20 WIB
Waspada! Sistem Kerja Shift Berbahaya
Waspada! Sistem Kerja Shift Berbahaya
A A A
JAKARTA - Waspadalah jika Anda mendapat kerja bergilir atau shift work. Pasalnya, sistem kerja tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya gangguan tidur.

Umumnya, kondisi ini dialami oleh petugas rumah sakit, kepolisian, pemadam kebakaran hingga jurnalis. Dokter Kesehatan Kerja, Iwan Siahaan menjelaskan, bahwa tidur atau istirahat bisa memengaruhi performa dan keselamatan seseorang.

Sebuah penelitian pun mengungkapkan, bahwa kurang atau terganggu waktu tidur satu hari atau tidak tidur sama sekali akan meningkatkan risiko kesalahan, kelelahan dan kejadian kecelakaan saat bekerja. Tidak seimbangnya waktu bekerja dengan waktu istirahat akan menyebabkan kelelahan yang kronis.

"Konsekuensi adanya kelelahan akan menurunkan kewaspadaan, persepsi yang lambat, dan jelek," papar Iwan melalui keterangan pers yang diterima Sindonews.

Sementara menurut Iwan, waktu yang berbahaya dalam bekerja adalah pukul 02.00 hingga 04.00 WIB dini hari dan waktu yang sama di sore hari. Ini merupakan waktu di mana rasa kantuk yang teramat berat muncul.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3168 seconds (0.1#10.140)