Waspadai Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Diderita Aldi Taher

Selasa, 01 November 2016 - 23:13 WIB
Waspadai Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Diderita Aldi Taher
Waspadai Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Diderita Aldi Taher
A A A
JAKARTA - Kondisi Aldi Taher tengah menjadi pusat perhatian setelah menderita penyakit kanker kelenjar getah bening. Ayah satu anak ini mengaku penyakit yang dideritanya membuat dia harus ekstra menjaga kondisi kesehatan.

Namun apa itu kanker kelenjar getah bening? Sama seperti kanker darah dan kaker payudara, kanker jenis ini merupakan yang paling umum ditemukan di Indonesia.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia sekaligus Perhimpunan Onkologi Indonesia Prof DR dr Aru Wisaksono Sudoyo Sp PD-KHOM menjelaskan kanker kelenjar getah bening dikenal sebagai limfoma malignum. Kanker jenis ini berasal dari sel-sel yang disebut limfosit atau salah satu sel darah putih.

Umumnya, kanker kelenjar getah bening berkembang ketika terjadi adanya perubahan atau mutasi dalam limfosit sehingga sel berkembang biak lebih cepat dan hidup lebih lama dibandingkan limfosit normal. Sementara untuk gejala, penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan.

"Gejalanya berupa ditemukannya pembesaran-pembesaran kelenjar gejtah bening. Bisa di leher, ketiak atau bagian tubuh lainnya," kata Prof Aru.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2140 seconds (0.1#10.140)
pixels