Ini Penyebab Orang Depresi karena Penyakit Psoriasis

Kamis, 03 November 2016 - 00:17 WIB
Ini Penyebab Orang Depresi karena Penyakit Psoriasis
Ini Penyebab Orang Depresi karena Penyakit Psoriasis
A A A
JAKARTA - Psoriasis merupakan penyakit kulit yang bisa berdampak pada kehidupan sosial ekonomi penderitanya, mulai gangguan tidur, menimbulkan rasa malu, merasa tidak percaya diri, hingga mengalami depresi.

Meski tidak menyebabkan kematian, psoriasis hingga kini belum diketahui pasti penyebabnya. Kepala Divisi Dermatologi Pediatrik Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin RSCM/FKUI dr Githa Rahmayunita menilai penyakit menahun ini bisa disebabkan beberapa hal.

Pertama adalah faktor genetik. Tercatat 30% pasien memiliki riwayat keluarga yang juga menderita psoriasis. Kekebalan tubuh juga disebut-sebut menjadi penyebab psoriasis. Pasalnya, psoriasis merupakan penyakit autoimun, di mana terjadi stimulasi kekebalan tubuh pada kulit yang memicu peradangan, merangsang pembelahan sel kulit secara berlebihan.

"Normalnya, sel kulit membelah dari bawah naik ke atas dalam waktu 21-28 hari. Kalau psoriasis bisa 3-5 hari, sehingga sangat cepat. Dipicu oleh proses inflamasi," kata Githa dalam acara peringatan Hari Psoriasis Sedunia di Jakarta.

Psoriasis juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan seperti, mengalami infeksi bakteri streptococcus, cedera fisik, konsumsi obat-obatan, seperti klorokuin, dan stres. Obesitas, gula darah tinggi dan kolesterol tinggi juga dipercaya menjadi penyebab penyakit ini.

Psoriasis memiliki gejala kulit merah bersisik yang disertai rasa gatal di beberapa bagian tubuh dari kulit kepala, lutut, ketiak, leher, telapak tangan dan telapak kaki. Kendati demikian, pasien psoriasis akan mengalami remisi atau fase membaik dari penyakitnya, di mana bercak-bercak merah di kulit akan menghilang. Namun, bercak tidak hilang sepenuhnya dan bisa kambuh kembali tanpa sebab yang jelas.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1936 seconds (0.1#10.140)