Mitos atau Fakta, Menyusui Picu Payudara Menjadi Kendur?

Senin, 07 November 2016 - 12:31 WIB
Mitos atau Fakta, Menyusui Picu Payudara Menjadi Kendur?
Mitos atau Fakta, Menyusui Picu Payudara Menjadi Kendur?
A A A
NEW YORK - Sebagian wanita yang menjalani masa menyusui buah hati mereka merasa khawatir dengan bentuk payudara yang menjadi kendur. Benarkah demikian?

Dilansir Parents, asisten profesor bedah kosmetika di Mount Sinai School of Medicine, New York, Amerika Serikat, Matthew R Schulman M D menjelaskan menyusui tidak menyebabkan payudara kendur, melainkan dipicu oleh kenaikan dan penurunan berat badan selama masa hamil.

“Kali pertama Anda memberikan air susu ibu (ASI) biasanya payudara akan membengkak karena produksi susu. Namun, seiring waktu payudara pun akan kembali ke ukuran semula,” kata Schulman.

Selain itu, bentuk dan ukuran payudara juga akan kembali seperti sebelum hamil dan melahirkan ketika wanita sudah menyapih anak atau berhenti menyusui. Namun, Schulman menyarankan agar para ibu yang masih menyusui untuk tetap menjaga berat badan.

Alasannya, kondisi bisa berubah jika selama menyusui di antara mereka mengalami peningkatan atau penurunan berat badan yang sangat signifikan. Tentu saja ini akan berpengaharuh, termasuk juga kesehatan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7828 seconds (0.1#10.140)