Ini Efek Terlalu Sering Gunakan Obat Kumur

Selasa, 08 November 2016 - 04:29 WIB
Ini Efek Terlalu Sering Gunakan Obat Kumur
Ini Efek Terlalu Sering Gunakan Obat Kumur
A A A
JAKARTA - Menggunakan obat kumur secara rutin memang membuat mulut terasa lebih segar dan bersih. Namun, ternyata ada efek jika menggunakan obat kumur setiap hari atau bahkan seusai menyikat gigi.

Drg Udijanto Tedjosasongko menjelaskan menggunakan obat kumur sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena justru akan menimbulkan masalah.

“Penggunaan obat kumur itu memang membantu membersihkan mulut, tapi ingat, pendapat yang mengatakan bahwa obat kumur harus selalu digunakan mengiringi gosok gigi, itu saya tidak setuju. Karena penggunaan obat kumur itu sifatnya antiseptic, membunuh kuman di mulut kita,” jelas Udijanto kepada Sindonews.

“Sebenarnya tujuannya bagus, tapi di rongga mulut kita ini tidak seluruhnya harus dibasmi bakterinya. Tuhan sudah menciptakan ada ‘tentara’ di mulut kita yang menjaga supaya mulut kita tetap sehat. Nah, kalau semua bakteri di mulut kita dilibas habis, pasti akan muncul masalah,” tambah dia.

Salah satu masalah yang dimaksud Udijanto adalah tumbuhnya jamur disekitar rongga mulut yang biasanya berupa sariawan yang sangat banyak. Oleh karena itu, jangan menggunakan obat kumur terlalu sering, kecuali memang kondisinya membutuhkan, seperti seusai cabut gigi, ketika sedang mengalami radang gusi yang agak parah, atau jika baru saja melakukan pembersihan gigi.

“Kalau terlalu banyak itu akan tumbuh jamur di mulut. Gejala yang muncul akan banyak sekali sariawan dan di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti di langit-langit, bawah lidah. Jadi, pakailah obat kumur seperlunya, kecuali kondisi yang membutuhkan. Kalau hanya maintenance, seminggu dua kali sudah cukup,” pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6577 seconds (0.1#10.140)