Meditasi Lebih Ampuh Atasi Depresi Dibandingkan Obat

Senin, 05 Desember 2016 - 08:20 WIB
Meditasi Lebih Ampuh Atasi Depresi Dibandingkan Obat
Meditasi Lebih Ampuh Atasi Depresi Dibandingkan Obat
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa meditasi lebih efektif meringankan depresi berat dibandingkan obat depresi. Sebuah sanggar yoga, The Sudarshan Kriya pun membantu pasien yang menderita depresi.

Dilansir dari Zeenews, latihan pernapasan ini bertugas sebagai pengganti peran obat. Hasilnya pun cukup menarik. Di mana para pasien depresi merasakan perkembangan yang baik ketika mereka menjalani meditasi ini.

"Studi ini menemukan, terapi dengan biaya terjangkau ini berpotensi memiliki fungsi yang efektif. Terutama bagi pasien yang berjuang melawan depresi mereka," papar peneliti dari University of Pennsylvania, di Amerika Serikat, Anup Sharma.

Lanjut Sharma menjelaskan, dalam prakteknya terapi ini menggunakan teknik pernapasan yang lambat dan beberapa kali diselingi dengan teknik pernapasan yang cepat. Selanjutnya, meditasi akan secara efektif mengendalikan emosi melalui teknik pernapasan.

Sistem saraf ini yang bekerja mengurangi hormon stres dalam diri pasien depresi. Sejumlah pasien yang rutin melakukan meditasi pun mengaku, memiliki suasana hati, minat pada aktivitas dan energi yang lebih signifikan.

"Melalui pelajaran meditasi ini, mereka bisa merasakan pengalaman yang mendalam dan pembelajaran mudah dalam berbagai aspek meditasi ini," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2881 seconds (0.1#10.140)