Latihan Beban Bikin Panjang Umur

Kamis, 15 Desember 2016 - 16:53 WIB
Latihan Beban Bikin Panjang Umur
Latihan Beban Bikin Panjang Umur
A A A
NEW YORK - Latihan beban dipercaya bisa membuat panjang umur. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa latihan fisik ini mengurasi risiko kematian cepat. Penelitian ini melihatkan responden berusia 65 tahun atau lebih.

Dilansir dari Men's Health, melalui sebuah survei para responden dipantau kehidupannya selama 15 tahun. Di mana sepertiga meninggal dunia selama penelitian berlangsung dan 10% partisipan melakukan latihan beban.

Hasil penelitian ini pun menunjukkan, bahwa mereka yang rutin melakukan latihan beban memiliki risiko kematian 46% lebih rendah. Hal ini juga terjadi pada mereka yang memiliki kondisi kronis seperti diabetes dan hipertensi, minum alkohol dan merokok. Namun penurunan hanya terjadi sebesar 19%.

"Olahraga beban (kekuatan) membantu Anda tetap aktif dan mandiri di usia yang sudah lanjut. Ini tidak hanya memperkuat otot, tapi juga untuk stamina serta kepadatan tulang," papar pimpinan penelitian, Jennifer Kraschnewski.

Manfaat lain yang ditemukan dari rutin latihan beban adalah, menjaga berat badan. Terbukti para responden yang terdiri dari lansia ini memiliki berat badan yang normal. Otomatis mereka juga terhindar terserang penyakit yang disebabkan oleh berat badan berlebihan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7564 seconds (0.1#10.140)