Libur ke Malang? Sempatkan ke Agro Tawon Wisata Petik Madu

Rabu, 21 Desember 2016 - 20:17 WIB
Libur ke Malang? Sempatkan ke Agro Tawon Wisata Petik Madu
Libur ke Malang? Sempatkan ke Agro Tawon Wisata Petik Madu
A A A
PERNAHKAH terlintas di pikiran Anda untuk memanen madu langsung dari sarangnya? Eh, jangan kaget dulu! Anda benar-benar bisa melakukannya di Agro Tawon Wisata Petik Madu, Malang. Tempat wisata tersebut merupakan sarana edukasi sekaligus rekreasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Apa lagi saat ini sudah dekat dengan liburan natal dan akhir tahun.

Lokasi dan Rute
Anda berpikir Agro Tawon terletak di pegunungan atau kawasan hutan? Salah besar! Kenyataannya, peternakan lebah itu berlokasi di pinggir jalan besar yang menghubungkan Malang dan Surabaya. Tepatnya di Jalan Dr Wahidin 8, Kecamatan Lawang.

Jika Anda menempuh perjalanan dari Surabaya, area pertama yang dilalui begitu memasuki Malang adalah Kecamatan Lawang. Terus saja mengemudi sampai menemukan plang yang bertuliskan nama wisata tersebut di pinggir jalan sebelah kanan. Wisata petik madu buka dari Senin-Minggu, mulai dari pukul 08.00-15.00 WIB. Untuk masuk, Anda tidak dipungut biaya sepeser pun.

Mengenal Lebah Lebih Dekat

Libur ke Malang? Sempatkan ke Agro Tawon Wisata Petik Madu


Desing lebah akan menyambut Anda begitu memasuki area lembah. Pada lembah tersebut, berdiri kotak-kotak diisi ratusan lebah. Lahan di sekitarnya ditanami anggrek, kayu putih, jojoba, randu, sengon, dan kelengkeng. Tanaman-tanaman itulah yang dihinggapi lebah untuk dihisap madunya.

Bukan sekadar mengamati keberadaan koloni serangga. Di sini Anda juga berkesempatan mendengarkan penjelasan langsung dari pemandu mengenai pola hidup lebah, cara menernakkannya, dan proses memanen madu.

Agro Tawon menernakkan tiga jenis lebah penghasil madu, yaitu Apis mellifira, Apis cerana, dan Trigona. Apis mellifira berasal dari Australia, dikenal juga sebagai lebah unggul dan tergolong jinak.

Apis cerana merupakan lebah lokal yang sering ditemukan di bunga-bunga sekitar kita. Tergolong sebagai lebah ganas, tetapi tidak berbahaya. Adapun Trigona berukuran kecil dan tidak menyengat.

Selain menghasilkan madu, lebah juga menghasilkan royal jelly, bee pollen, dan propolis. Ada juga lilin lebah, hasil dari pembakaran sarang lebah dan kelenjar lebah pekerja.

Berani memanen madu secara langsung? Tidak usah takut karena Anda pastinya berada di bawah pengawasan pemandu. Malah, momen tersebut harus dipotret agar menjadi kenang-kenangan.

Tidak sedikit pengunjung yang berani berpose sambil mengangkat sarang lebah. Bahkan, ada juga yang sengaja menadahkan tangannya hingga dihinggapi ratusan lebah. Tenang, pengunjung sebelumnya diajari cara memegang lebah yang aman.

Hasil Olahan Madu
Tidak lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Agro Tawon juga menyediakan stan-stan yang menjual hasil olahan madu, seperti sarang lebah, es madu, dan jus jambu-madu. Malahan, Anda juga bisa mencicipi aneka olahan lebah muda yang dimasak menjadi pepes tawon dan osek.

Nah, kalau yang ini bukan oleh-oleh, tapi pengobatan alternatif. Anda juga bisa merasakan sensasi terapi menggunakan sengatan lebah. Racun dalam sengatan lebah mengandung avitoksin, yakni zat yang berguna dalam merangsang kerja jantung. Selain itu, sengatan lebah juga berfungsi sebagai antitumor.

Fasilitas
Jangan khawatir jika perut mulai keroncongan. Terdapat fasilitas berupa kafetaria yang menyajikan nasi bebek dan ayam. Fasilitas lainnya antara lain area parkir yang luas, gazebo, dan outbond.

Yuk, ajak keluarga Anda mengunjungi Agro Tawon Wisata Petik Madu di Malang untuk liburan akhir tahun ini! Jangan khawatir urusan penginapan, karena sudah ada Airy Rooms .

Setiap kamar dilengkapi tujuh fasilitas yang membuat Anda dijamin akan nyaman dan betah. Mulai dari AC, TV layar datar, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum gratis, air hangat, dan WiFi gratis.

Libur ke Malang? Sempatkan ke Agro Tawon Wisata Petik Madu


Mau memesan kamar hotel Airy Rooms sekarang juga? Silakan akses websitenya di www.airyrooms.com , atau unduh dulu aplikasi Airy Rooms untuk Android atau iOS. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer maupun menggunakan kartu kredit. Praktis kan? Ayo rencanakan liburan akhir tahun Anda ke Malang bersama keluarga dan Airy Rooms!
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6302 seconds (0.1#10.140)