Saat Flu dan Batuk Jangan Lupa Ganti Sikat Gigi

Senin, 09 Januari 2017 - 07:23 WIB
Saat Flu dan Batuk Jangan Lupa Ganti Sikat Gigi
Saat Flu dan Batuk Jangan Lupa Ganti Sikat Gigi
A A A
JAKARTA - Selain harus dirawat, sikat gigi juga perlu diganti secara rutin setiap tiga bulan sekali atau maksimal enam bulan sekali. Namun selain waktu tersebut, saat sakit seperti flu, batuk, radang tenggorokan dan infeksi rongga mulut lainnya, merupakan suatu keharusan untuk mengganti sikat gigi.

"Karena penyakit tersebut bisa dengan mudah membuat kuman masuk ke dalam tubuh terutama disekitar rongga mulut akibat batuk dan bersin," papar drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent, MDSc di Jakarta

Selain itu, agar terhindar dari pertukaran cairan tubuh atau mikroorganisme atar pengguna, Mirah menyarankan sikat gigi tidak digunakan secara besama-sama. Mirah juga menyarankan untuk membersihkan sikat gigi dengan air bersih setelah digunakan dan meletakkannya dengan posisi berdiri dan beri jarak antara sikat gigi yang satu dengan yang lainnya.

“Walaupun penggunanya keluarga sendiri. Karena, nantinya dapat menyebabkan meningkatnya resiko infeksi antar pengguna sikat gigi dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang lemah. Jangan meletakkan sikat gigi secara berhadapan dengan sikat gigi lain. Kalau perlu gunakan helm penutup sikat gigi agar bakteri tidak mudah masuk,” pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3755 seconds (0.1#10.140)