Bisnis Resort di Kawasan Puncak Masih Menggiurkan

Selasa, 10 Januari 2017 - 12:55 WIB
Bisnis Resort di Kawasan Puncak Masih Menggiurkan
Bisnis Resort di Kawasan Puncak Masih Menggiurkan
A A A
BOGOR - Tingginya masyarakat yang ingin berwisata baik alam dan kuliner di kawasan Pundak, Bogor, ternyata membuat bisnis resort di daerah sejuk itu masih menggiurkan. Para pengusaha vila maupun resort pun mencoba merangkul konsumen dengan menawarkan beragam konsep, program, dan fasilitas prima.

Untuk memberikan daya tarik, kreasi konsep pun bermunculan. Tujuannya, agar penikmat wisata bisa mendapatkan tempat beristirahat paling aman, nyaman, dan layak untuk dihuni, khususnya di kawasan Megamendung- Cisarua, Kabupaten Bogor.

Alhasil, meski harus bermacet-macet di jalan menuju Puncak saat weekend atau long weekend, para pengunjung akan terobati dengan kenyaman dan fasilitas yang menjanjikan, termasuk menyiapkan berbagai fasilitas hiburan dan wisata sehingga pengunjung tidak perlu ke lokasi wisata.

"Lokasi di sini strategis karena di tengah-tengah kawasan Puncak. Dari bawah (Bogor) tak terlalu jauh, dari atas (Cipanas, Cianjur) juga tak terlalu jauh sehingga mudah diakses oleh pengunjung yang datang dari Jakarta. Fasilitas di sini juga tak banyak dimiliki hotel atau beberapa resort lain, yaitu kolam renang luas menghadap ke mountains (pegunungan),"kata Marketing Communication (Marcomm) Pesona Alam Resort and Spa, Puncak, Delia Oktaviani, saat ditemui KORAN SINDO.

Delia menuturkan, meski sasaran pasar pengunjungnya tak ditargetkan kelompok atau individual, di penginapan yang dikelolanya ini hampir 100% pengunjungnya adalah keluarga. "Setiap akhir pekan, apalagi saat long weekend, dari 138 unit kamar hotel dan 24 unit vila (bungalow atau cottage ) selalu nyaris full booking," ujarnya.

Menurutnya, kemungkinan besar masyarakat memilih Pesona Alam sebagai penginapan favorit karena kenyamanan dan menerapkan one stop entertainment. "Selain kolam renang menghadap ke pegunungan, adanya ragam atraksi yang disuguhkan saat libur akhir pekan, yakni Pesona Durian (Dunia Ceria Anak) seperti sulap, story telling , dan dancing membuat para orang tua yang menginap betah dan mau berlama-lama di sini. Apalagi, di sini juga ada fasilitas futsal lapangan rumput sintetik serta ada kuda poni dan arena archery (memanah)," tuturnya.

Selain itu, bagi tamu yang hendak berwisata alam, satwa liar hingga waterpark , Pesona Alam juga letaknya relatif berdekatan dengan Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Bogor. "Tempat ini paling dekat dengan TSI yang di dalamnya bukan cuma satwa liar, tapi sudah ada theme park maupun waterpark. Untuk lokasi kuliner atau berbelanja juga berdekatan dengan minimarket di simpang Tugu TSI, Jalan Raya Puncak,"ungkapnya.

Tambahan Diskon
Program diskon juga menjadi daya tarik di Pesona Alam. Bagi pengunjung yang memesan telepon maupun pesan elektronik atau e-mail akan mendapatkan harga paling rendah, yakni deluxe Rp1.015.000 weekday. "Kalau weekend Rp1.095.000. Sementara untuk libur panjang seperti Natal dan Tahun Baru kemarin, kami tawarkan paket Rp5 juta-Rp6 juta," ucap Delia.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan pelayanan prima berupa voucher gratis untuk meminum ragam kopi di kafe yang menawarkan nuansa hutan pinus. "Setiap pengunjung yang check in langsung dikasih voucher kopi di Resto Ccafe Clubhuis yang terletak di tengah hutan pinus. Yang pasti, tempat itu sangat nyaman bagi mereka yang senang kongkow ," bebernya.

Pesona Alam Resort and Spa Puncak adalah salah satu penginapan yang ada di kawasan Puncak dengan pasar kalangan menengah ke atas sehingga wajar penawaran tarif menginap per malam cukup menguras kantong. Namun, bagi masyarakat yang berkantong paspasan (menengah ke bawah) pun tidak perlu khawatir jika hendak menginap di Puncak.

Mereka tetap bisa menikmati pemandangan alam dan fasilitas keluarga yang tak kalah nyaman. Karena, berdasarkan data Asosiasi Vila Puncak Indonesia, di Cisarua saat ini berdiri 4.000 lebih vila dan resort yang bisa menjadi penginapan alternatif. Arumba Vila and Resort di Kampung Kareo, Desa Batulayang, Cisarua, Kabupaten Bogor, misalnya, disewakan khusus bagi keluarga, komunitas, ataupun kelompok.

Nuansa alami serbahijau tak hanya disuguhkan saat mata jauh memandang. Tapi, kamar dalam rumah berbentuk cottage/bungalow yang ditawarkannya pun cukup nyaman dan sangat aman bagi keluarga. Bahkan, tarifnya pun relatif murah dan menyesuaikan dengan kemampuan para tamu yang ingin menginap.

Pemilik Vila Arumba Rahardjanto MW menuturkan, sebelum dia membeli vila di atas lahan seluas 4.000 meter persegi pada 2003, kondisinya memang sangat tidak terawat. Bahkan, pihaknya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengubah tempat yang dikelolanya sampai layak disewakan.

"Pada 2015, saya mulai menyewakan. Karena, setiap akhir pekan, bahkan saat ini hampir setiap hari banyak masyarakat yang mencari vila dengan konsep alam asri dan dilengkapi fasilitas. Bukan cuma kolam renang, tapi juga ada taman bermain anak dan wahana bermain,"tandasnya.

Menurutnya, tak hanya pemandangan alam yang ditawarkan kepada pengunjung, tapi kenyamanan dan kebersihan taman menjadi pilihan utama para pengunjung yang datang ke tempat itu. "Vila yang saya sewakan ini berkonsep keluarga dengan basis nuansa alamiah. Bahkan, tamu yang menginap di sini paling banyak rombongan dari yayasan atau panti asuhan, karena suasana halaman kamarnya sangat alamiah, sejuk, dan aman untuk rekreasi keluarga,"ungkapnya.

Rahardjanto menjelaskan, Vila Arumba memiliki 19 kamar. Satu rumah ada yang 2 kamar, 4, 6, dan paling banyak 10 kamar. "Yang 10 kamar itu ada beberapa kasur dilengkapi dengan fasilitas aula, lapangan badminton, tenis meja, kolam pancing, arena bermain, mini soccer, gazebo, dan barbeque," ungkapnya.

Terkait dengan harga, pihaknya menawarkan Rp500.000 hingga Rp700.000 untuk bungalow yang berisi dua dan empat kamar. Sementara bagi rumah yang berisi 10 kamar dibanderol Rp3,5 juta- Rp5 juta. "Tapi, harga itu semua fleksibel. Saya tidak mematok harga. Yang terpenting ada pemasukan dan penjaga vila yang sebagian besar berasal dari sekitar kampung sini ada pemasukan sehingga kalau harga bisa negosiasi," katanya. (Haryudi)
Bisnis Resort di Kawasan Puncak Masih Menggiurkan
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6694 seconds (0.1#10.140)