6 Tradisi dan Keunikan di Tahun Baru China

Sabtu, 28 Januari 2017 - 15:06 WIB
6 Tradisi dan Keunikan di Tahun Baru China
6 Tradisi dan Keunikan di Tahun Baru China
A A A
JAKARTA - Tahun Baru Imlek disambut suka cita oleh masyarakat China. Hal tersebut terlihat dari meriahnya hiasan disetiap sudut rumah, mengunjungi kelenteng, membagikan angpao, makan bersama keluarga hingga menjalani beberapa tradisi lain.

Setiap trandisi yang dilakukan dipercaya memiliki arti yang baik. Berikut ulasannya seperti dilansir travelerstoday.

1. Pakaian warna merah
Bagi masyarakat China, warna merah merupakan lambang keberuntungan, kebahagiaan hingga mencegah roh jahat yang terhubung ke nasib buruk. Oleh karena itu, warna merah wajib ada dalam perayaan Imlek. Salah satunya dari busana yang digunakan. Sementara warna hitam dan putih dihindari karena melambangkan kedukaan.

2. Pakaian baru
Menggunakan pakaian baru saat perayaan Imlek dinilai sebagai hal yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, tidak membeli busana baru dan mengenakan busana lama yang sudah ada akan membawa kesialan atau jauh dari keberuntungan.

3. Ucapkan Gong Xi Fa Cai
Gong Xi Fa Cai memiliki arti selamat tahun baru bahagia dan sejahtera. Kalimat ini diucapkan ketika bertemu teman atau keluarga saat perayaan tahun baru Imlek.

4. Menyalakan petasan
Bagi masyarakat Tionghoa, menyalakan petasan merupakan salah satu cara untuk mengusir roh jahat dari rumah. Tradisi ini kerap mengundang masyarakat untuk menyaksikan.

5. Keramas dan memangkas rambut
Tak hanya untuk menyegarkan rambut, keramas dan memangkas rambut juga dipercaya masyarakat Tionghoa mampu menghilangkan nasib sial.

6. Tidak membersihkan rumah
Jika berkunjung ke rumah teman atau kerabat, jangan membersihkan rumah dengan cara apapun. Meski rumah terlihat kotor saat Imlek, hal itu baiknya dibiarkan saja. Jika dibersihkan dipercaya akan membuang keberuntungan yang datang.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3415 seconds (0.1#10.140)