5 Tempat Perayaan Imlek yang Wajib Dikunjungi

Minggu, 29 Januari 2017 - 03:10 WIB
5 Tempat Perayaan Imlek yang Wajib Dikunjungi
5 Tempat Perayaan Imlek yang Wajib Dikunjungi
A A A
JAKARTA - Peringatan Tahun Baru Imlek dirayakan dengan sangat meriah. Di beberapa tempat, sepanjang jalan dan sudut kota semarak dengan warna merah dan emas serta pernak pernik Imlek yang menarik.

Nah, jika Anda sedang mencari tempat untuk merayakan Imlek, berikut 5 destinasi di Asia dengan perayaan Imlek yang khas yang bisa disambangi seperti dikutip Skyscanner.

1. Singkawang, Indonesia
Perayaan Tahun Baru Imlek di Singkawang bisa jadi yang paling meriah, aman, populer namun tetap hikmat. Pada 2014 lalu, ada sekitar 100 stan dan panggung hiburan yang digelar di Stadion Kridasana Singkawang yang menjadi lokasi utama perayaan Tahun Baru Imlek 2014.

2. Singapura
Tahun Baru Imlek merupakan salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Ini merupakan acara terbesar dan terpenting dalam komunitas etnis Tionghoa, yang dirayakan oleh seluruh warga Singapura. Satu kawasan yang sangat meriah adalah kawasan Chinatown yang menjadi pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Singapura.

Waktu terbaik untuk menikmati suasana meriah yang ditawarkan Chinatown adalah saat Chinatown Street Light Up. Saat inilah para penari barongsai, pemain atraksi pemakan api, dan kelompok tari wanita akan memeriahkan Kreta Ayer Square dengan pertunjukan yang mempesona.

Acara populer lainnya adalah River Hongbao yang digelar di kawasan Marina Bay Floating Platform dan Esplanade Waterfront Promenade. Area ini akan menjadi semarak dengan ramainya pertunjukan jalanan, gerai-gerai permainan, dan aneka toko, lentera hingga kembang api.

3. Penang, Malaysia
George Town, Penang, memiliki begitu banyak hal menarik untuk dijelajahi. Mulai area bersejarah, streetart, kopi, kuliner lezat, hingga festival Tahun Baru Imlek-nya. Kunjungilah kuil Kong Hock Keong yang terletak di Jalan Lebuh Chulia. Ini menjadi pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Penang. Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat ini karena lokasinya yang terletak di pusat kuliner dan akomodasi.

4. Beijing, China
Lain tempat, lain adat istiadatnya. Rakyat di berbagai daerah di Tiongkok mempunyai kebiasaan perayaan Tahun Baru Imlek yang tidak sama, namun tradisi berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk menyambut kedatangan Tahun Baru Imlek pada malam tanggal 30 bulan 12 Imlek, yaitu malam menjelang Tahun Baru Imlek merupakan kebiasaan yang sama baik bagi penduduk di bagian utara maupun di selatan.

Pada malam menjelang Tahun Baru Imlek, warga Beijing akan menyambut kedatangan tahun yang baru tanpa tidur. Kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek beraneka ragam, antara lain pertunjukan opera, tari naga atau barongsai, jakungan, pekan kelenteng dan sebagainya.

5. Hong Kong
Pada momen ini, tradisi berusia ribuan tahun dipraktekkan bersama event kosmopolitan kota besar. Di Hong Kong, saat Imlek, toko-toko menawarkan diskon, anak-anak menerima angpau, rumah dan usaha bersih-bersih tahunan, berkah di kertas merah ditempelkan, kuil diisi doa dan asap hio, dan kota disemarakkan oleh berbagai macam parade juga kembang api. Victoria Park dan Victoria Harbour umumnya selalu menjadi pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Hong Kong.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4017 seconds (0.1#10.140)